Tanaman Sayuran Yang Dimanfaatkan Akarnya

Sayuran akar adalah jenis sayuran yang akarnya dimanfaatkan, yaitu dari kelompok umbi. Contoh nan pas populer adalah kentang dan wortel. Di dalam sayuran akar tunjang terdapat kandungan rabuk, nutrisi, dan juga mineral yang signifikan bagi bodi.

Bukan hanya itu, beberapa variasi umbi juga mengandung antioksidan. Kemustajaban ini dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat paparan zat radikal bebas.

Sayuran akar yang menyehatkan

Sejumlah jenis sayuran akar susu nan semoga sayang dimasukkan n domestik daftar menu Anda sehari-hari merupakan:

1. Ubi




ubi

Diversifikasi sayuran ini berlambak akan cendawan, vitamin C, vitamin A, dan pun mangan. Selain itu, kaspe juga adalah sumber antioksidan seperti betakaroten, senderut klorogenik, dan
anthocyanin.

Dalam ulasan 3 pengkajian, mengonsumsi 4 gram esensi ubi sepanjang 12 ahad dapat memperbaiki bilangan gula talenta sreg penanggung glikosuria. Ubi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi bermula gangguan kesehatan ain.

2. Deringo




jahe

Rempah yang satu ini kaya akan antioksidan yaitu
gingerol
dengan segudang fungsi. Dalam sebuah penekanan terhadap 1.278 ibu hamil, diketahui bahwa konsumsi deringo boleh mengurangi rasa mual dan
morning sickness.

Jahe juga bisa mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Tambahan pula, ada juga penelitian nan menyebutkan bahwa jahe bisa mendinginkan kram perut saat haid.

3. Buah bit




buah bit

Di antara jenis sayuran akar tunjang, biji pelir bit ialah nan paling bernutrisi. Di dalamnya terdapat baja, folat, dan mangan. Tak hanya itu, ada juga nafkah nitrat yang melebarkan pembuluh talenta serta berpotensi menurunkan tekanan darah. Bit kembali diketahui bisa meningkatkan performa saat olah raga dan meningkatkan arus talenta ke otak.

4. Radis




lobak

Cacat kalori dan fruktosa, lobak adalah sayuran nan kaya serat serta gizi C. Di dalamnya juga terdapat kandungan yang bisa melindungi dari beberapa jenis jamur. Tak hanya itu, studi terhadap binatang menunjukkan bahwa rades bisa melindungi berusul ki kesulitan tukak lambung.

Baca :   Download House Music Nonstop 2022

5. Wortel




no caption

Di dalamnya terletak zat makanan A dan juga vitamin K. Antioksidan betakaroten membuat warnanya mencolok sedarun dapat memangkalkan kadar kolesterol baik n domestik pengkajian terhadap manusia dan hewan. Cak semau juga studi nan menemukan bahwa tingginya asupan karoten bisa menaruh risiko kanker sama dengan kanker tetek dan prostat.

Tak tetapi itu, mengonsumsi sayuran pula boleh mencagar dari keburukan degenerasi makula maupun penurunan kesehatan mata pada insan berumur lanjur.

6. Kentang

Mudah diolah dengan rasa yang lezat, kentang mengandung serat, vitamin B6, vitamin C, potasium, dan juga mangan. Cukup dengan menggembleng kentang semata-mata, sudah bisa menjadi makanan yang mengenyangkan. Malar-malar, ini bisa mengurangi risiko guna asupan kalori.

Pilah bagaimana pendirian mengonsumsi kentang. Jika digoreng serta ditambahkan bumbu tak, siapa lambung lemak dan sodiumnya justru lebih tinggi ketimbang seratnya.

7. Umbi lapis putih

Termasuk n domestik genus
Allium,
berambang asli mengandung banyak nutrisi seperti mangan, zat makanan B6, dan juga vitamin C. Popularitas bawang putih lagi tersohor karena bisa mereservasi dari berbagai kebobrokan. Di dalamnya terdapat
allicin
yang dapat membantu menyehatkan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

Bawang putih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara mengolahnya juga mudah karena erat setiap masakan menggunakan bawang nirmala bagaikan bumbunya.

Karangan mulai sejak SehatQ

Selain ketujuh spesies sayuran akar di atas, masih banyak lagi pilihan lainnya yang tidak kalah bergizi. Mulai dari kunyit, seledri, dan juga bawang merah termasuk dalam sayuran akar.

Bikin berpolemik seterusnya jenis sayuran segala apa yang bisa menjadi menu makanan sehari-hari Anda,
tanyakan langsung lega dokter
di aplikasi kesegaran keluarga SehatQ. Download masa ini di
App Store dan Google Play.

Baca :   Pupuk Pohon Kurma Agar Cepat Berbuah

Tanaman Sayuran Yang Dimanfaatkan Akarnya

Source: https://www.sehatq.com/artikel/sayuran-akar-yang-bernutrisi-dan-baik-untuk-tubuh

Check Also

Apakah Buah Rambutan Menyebabkan Batuk

Apakah Buah Rambutan Menyebabkan Batuk  Lifestyle Cegak Bersantap Buah Rambutan rafiah Bikin Batuk darah, …