Tanaman Penyebab Leukemia Benarkah

Tanaman Penyebab Leukemia Benarkah

Jakarta


Isu:

Maklumat soal bahaya pelecok suatu varietas tanaman hias bisa menyebabkan puru ajal menjadi viral di situs jejaring sosial. Tanaman nan dimaksud adalah tanaman dolar yang formal menjadi pusparagam pokok kayu hias rumahan.

Berikut wanti-wanti bersambungan yang beredar di alat angkut sosial:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Yang WA ini kutub saya juga dokter.

BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!

Adik biras saya umur 31 masa baru meninggal kemarin disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti untuk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis pokok kayu ini. Rekan satu tim research engkau sudah lalu meninggal setahun yang tinggal mengidap penyakit kanker darah juga. Almarhum dapat bersikeras hingga semalam. Memang hasil penelitiannya sudah lalu disahkan oleh pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tersebut. Jadi kisahan D Hizzad Bole penyebab leukimia (Leukimia) ternyata manjur.

Di China mutakadim memadai lama diketahui tentang bahaya pohon ini, tapi semata-mata diberitakan surat keterangan China semata-mata. Sedangkan di tempat kita pohon ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah. PERHATIAN DAN Siaga !!!

Jika ada tanaman ini dirumah, silakan secepatnya gaib dengan membakarnya sebelum tanaman bersumber karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (Kanker darah). Silakan share.

Wanti-wanti itu menuai komentar beragam, ada nan merasa takut ada juga yang mengatakan hal tersebut hoax. Jadi apakah isu tersebut benar atau hoax?

Penajaman:

Hasil penelusuran detikcom, pesan kronologis itu sudah gaduh sejak awal Januari 2016 adv amat. Selain pesan berbahasa Indonesia suka-suka juga wanti-wanti yang mirip namun menggunakan bahasa Malaysia. Mata air penyebar pesan pula enggak jelas, karena wanti-wanti ini sudah disebar ribuan khalayak baik itu di Facebook ataupun di media sosial lainnya.

Baca :   Baterai Kembung Masuk Kulkas

Peneliti Rajah Ilmu Proklamasi Indonesia (LIPI) Deden Mudiana mengatakan tanaman ini teragendakan termasuk ke dalam kelompok suku Araceae (talas-talasan) dengan nama latin Zamioculcas zamiifolia (Lodd.) Engl. Umumnya keluarga talas-talasan biasanya punya kas dapur senyawa oksalat pada bagian tubuh tumbuhan. Senyawa oksalat bukanlah sintesis karsinogenik yang menjadi penyebab kanker.

“Kandungan paduan ini (oksalat) yang menyebabkan gatal pada babak tubuh manusia terutama bakal orang yang mempunyai kulit yang perasa,” kata Deden kepada detikcom.

Alumnus pascasarjana Proteksi Biodiversitas Tropika IPB ini mengatakan Zamioculcas zamiifolia memiliki muslihat tarik dari bentuk perawakan dan tampilan daunnya yang mengkilap sehingga banyak orang yang menjadikan tanaman ini andai tanaman hias.

“Pemeliharaannya relatif mudah dan dapat diperbanyak dengan memisahkan rumpun tunasnya, menggunakan setek rumpun daunnya, setek mayit ataupun bijinya jika menghasilkan buah pada perbungaannya,” ucapnya.

Selain di Indonesia, kabar ini juga heboh di negara tetangga dan isunya sudah ada sejak Desember 2015 sangat. Bahkan karena hebohnya media The Malaysian Insider ikut membahas pesan berantai sonder kejelasan sumur ini. Artikel pertanyaan pohon dolar dimuat 21 Desember 2015 lalu. Mereka menggambar pendapat Dekan Fakultas Perladangan Universitas Putra Malaysia (UPM) Prof Ghizan Saleh yang mengatakan tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan adanya asosiasi antara tumbuhan dan kanker.

Tanaman variasi ini menurut Ghizan Saleh tidak pernah terbukti menyebabkan kanker atau leukimia, meskipun memang ada bagian yang beracun bila ditelan. Racun ini bisa menyebabkan iritasi dan renyem-giang.

“Wajib investigasi lebih ilmiah tentang efek yang selayaknya dari tanaman ini, tetapi cak bagi sekarang saya boleh mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa situasi itu bisa menyebabkan tumor ganas alias leukemia,” ucap Ghizan.

Baca :   Morfologi Tanaman Kumis Kucing

Selain itu, di artikel ini juga ditulis pernyataan berasal Universitas Sains Malaysia (UMS) soal adanya dua peneliti mereka yang dikabarkan meninggal terkena tumor ganas karena meneliti pohon peso. Pihak UMS membantah peristiwa tersebut dan meminang para pengguna ki alat sosial untuk berhenti menyebarkan berita nan bukan terverifikasi maka dari itu mereka.

Kesimpulan:

Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah/detikcom

Kabar adapun tanaman peso penyebab kanker darah adalah hoax ataupun tidak benar. Pihak UMS nan disebut dalam pesan beruntun itu kembali sudah memastikan berita tersebut palsu.


Kalau Anda memiliki kabar nan belum karuan kebenarannya dan gegap-gempita menjadi pembicaraan mahajana, bisa kirimkan isu tersebut di sini.

(slm/nrl)

Tanaman Penyebab Leukemia Benarkah

Source: https://news.detik.com/berita/d-3148887/isu-tanaman-dolar-penyebab-leukimia

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …