Gladiolus


Gladiolus


Gladiolus

Klasifikasi ilmiah
Kekaisaran: Plantae
(bukan termasuk) Monocots
Ordo: Asparagales
Famili: Iridaceae
Upafamili: Ixioideae
Nasion: Ixieae
Genus:

Gladiolus



L.
Tipe spesies
Gladiolus communis

L.
Species

About 260, see text

Gladiol yakni tumbuhan rente hias berupa tumbuhan semusim berpotongan herba termasuk dalam famili Iridaceae. Gladiol berusul berbunga bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang mungil, sebagai halnya bentuk daunnya. Berasal dari Afrika Daksina dan hambur di Asia semenjak 2000 tahun. Tahun 1730 mulai memasuki daratan Eropa dan mengembang di Belanda. Pokok kayu gladiol yang tersurat subklas Monocotyledoneae, berakar serabut, dan tumbuhan ini membentuk sekali lagi akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru. Kebaikan dari bunga potong gladiol ialah kesegarannya dapat mengotot lama sekitar 5-10 hari dan dapat berbunga sejauh masa.

Hasil pengkhususan masa 1988, Indonesia mengenal 20 varietas gladiol dari Belanda yang belakang sekali diuji multi lokasi di kebun percobaan Sub Balairung Pengkhususan Hortikultura Cipanas. Tiga varietas diantaranya punya pengejawantahan yang paling kecil sani, (corak dan bentuknya berlainan dengan gladiol lama), yaitu: White godness (putih), Tradehorn (merah jingga), dan Priscilla (asli). Ragam macam anak uang gladiol adalah :

  • Gladiolus gandavensis, mempunyai format mulia, yang dibangun bunga terpandang bertumpang tindih, panjang 90-150 cm.
  • Gladiolus primulinus. memiliki ukuran kecil, habis menghirup. Berdahan halus semata-mata kuat dan panjangnya mencapai 90 cm.
  • Gladiolus ramosus. Panjang nanyan anak uang 100-300 cm.
  • Gladiolus nanus. Gandar cangkul bunga melengkung, dan jenjang namun 35 cm.

Beberapa kultivar anak uang gladiol yang tak yang sudah di uji di Indonesia yakni: Red Majesty, Priscilla, Oscar, Rose Supreme, Sanclere, Dr. Mansoer, Albino, Salem, Marah Api, Queen Occer, Ceker dsb-nya. Sementara itu, Bodi Litbang Pertanaman melangkaui Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) sudah memproduksi empat varietas gladiol, yaitu, Dayang Sumbi , Kaifa , Clara , dan Nabila .

Baca :   Sepatu Kuda Poni Sepatu Kuda Poni

Bunga yang berharta tumbuh di ketinggian 600-1400 m dpl ini, punya nilai hemat sepan adun. Pokok kayu yang berpunca dari Afrika Selatan ini memiliki nama latin ”Gladius”, yang bermanfaat ”pedang kecil”, rani tumbuh dengan adun puas tanah ber-pH 5,8-6,5 dalam suhu 10-25 udara murni C. Pergandaan dapat dilakukan secara vegetatif maupun generatif. Tanaman ini sangat toleran pada beragam susunan tanah, pecah tanah yang ringan berpasir dengan berbahan organik rendah hingga tanah yang sulit berlempung atau liat. Penghutanan gladiol wajib diusahakan plong ajang yang enggak kesan pertanaman gladiol alias keluarga tidak jauhnya, seperti mana iris, ixia, freesia dan monbretia.

Sentra produksi bunga gladiol di Indonesia bagi daerah Jawa Barat terdapat di Parongpong (Bandung), Salabintana (Sukabumi) dan Cipanas (Cianjur). Di Jawa tengah terdapat di area Bandungan (Semarang) sedangkan di Jawa Timur produktif di daerah Batu (Malang). Gladiol dibuat sebagai bunga cucuk yang mempunyai nilai ekonomi dan memiliki angka estetika. Bunga potong lagi merupakan sarana peralatan tradisional, agama, seremoni kenegaraan dan faedah ritual nan lain. Gladiol merupakan salah suatu bunga potong yang minimum jumlah dicari, adun bakal adunan di bangunan pesta maupun di rumah huni. Pokok kayu gladiol akan berbunga sekitar 60-90 hari setelah tanam. Ukuran bunganya yang relatif luhur menciptakannya eye catching dan pantas dibeli. Gladiol juga subur warna. Berada gladiol merah cukup umur, zakiah bergaris ungu, merah jingga muda, mambang kuning, kuning, gladiol dua dandan, dan tentunya putih.

Namun, Bunga gladiol tergolong bunga yang gampang kehilangan larutan (gladiol cepat layu). Kendatipun begitu, keadaan tersebut menengah dapat disiasati. Tentunya, teknik memanen yang aci juga wajib diterapkan. Bunga potong hendaknya lain dipanen ketika mentari sedang berat tetapi dipanen sebelum syamsu semenjak maupun menjelang sore. Saat memanen, batang anak uang dipotong serong. Dengan begitu, tercipta garis tengah kunarpa nan bertambah luas bikin menyerap cair. Panen anak uang dapat dilakukan sesudah kuntum 1 dan dara 2 bunga terbawah sudah menunjukkan warnanya, cuma belum mekar. Bila penuaian dilakukan setelah mekar, bunga gladiol akan gampang rusak plong ketika pengiriman. Tetapi sebaliknya bila bunga dipanen terlalu awal, maka rente tidak dapat mekar hipotetis.

Baca :   Harga Sepatu Jordan Termahal Di Dunia

Refrensi



edunitas.com