Pupur Basah Khas Kalimantan

Pupur Basah Khas Kalimantan

Ladiestory.id –
Liburan kali ini bingung mau berkunjung ke mana? Nggak riuk dong kronologi-jalan ke Kalimantan Barat. Di sini terdapat bervariasi kuliner eksklusif yang pasti akan memanjakan lidah dengan cita rasanya.

Ini 7 deretan suguhan kuliner lezat asal Kalimantan Barat yang khas mesti cak bagi di coba.

Bubur Pedas

Ilustrasi Bubur Pedas. (Special)

Bubur pedas merupakan kuliner distingtif masyarakat Melayu Sambas, Kalimantan Barat. Dalam alat pencernaan khas ini terdapat berbagai jenis sayur dan rempah seperti daun kesum, bancet dan pakis, serta ditambah dengan campuran kacang tanah dan ikan teri sebagai pelengkapnya.

Sajian bubur pedas ini dibuat dengan beras yang ditumbuk halus, kemudian dioseng. Bubur pedas bertambah nikmat jika dihidangkan saat panas bersama lombok yang diblender atau di haluskan.

Masyarakat Kalimantan Barat kembali selalu menyediakan hidangan bubur pedas ketika berkumpul bersama keluarga baik momen acara arisan, saprahan atau hajatan. Pertanyaan rasa, bubur pedas ini dijamin tiada duanya, loh.

Ikan Asam Pedas

Ilustrasi Lauk Asam Pedas. (Special)

Kuliner khas Kalimantan Barat selanjutnya nan lain kalah nikmat yakni ikan asam pedas. Kali sangka, ikan asam pedas pun menjadi santapan calon Joko Widodo dan si istri  ketika berkunjung ke Kalimantan Barat, lho!

Terimalah, dari namanya memang masakan ini dominan akan rasa pedas dan asam. Selain itu, kuahnya yang kental dan racikan rempahnya dijamin untuk dependensi, lho! Lakukan pilihan ikannya, rata-rata masyarakat Kalimantan Barat menggunakan jenis ikan  afiat, seperti ikan kakap merah, ikan mayung dan ikan mas.

Cara membuatnya kembali cukup mudah, yakni siapkan incaran-mangsa seperti 1 kg lauk kakap abang cuci kudrati dan hilangkan sisiknya. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam, 2 jenazah serai geprek, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 3 sdm cabai gersang giling, 1 buah terung senderut, 2 buah tomat, 1 ruas kunyit, ½ sdt terasi, 3 buah jeruk sambal, lada burung utuh sesuai selera, dan 3 ruas jari tamar hindi.

Baca :   Yel Yel Pramuka Entah Apa Yang Merasukimu

Langkah menciptakan menjadikan :

  1. Cuci nirmala ikan dan hilangkan sisiknya. Lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam kemudian sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang bersih, kurkuma dan tambahan terasi kemudian tumis bersama cabe kering giling, lengkuas geprek, serai geprek, dan daun salam tumis hingga lembut.
  3. Masukkan 500 cc air, tunggu sebatas mendidih.
  4. Masukkan lauk, terung asam, bersut jawa, cabai rawit utuh dan tomat.
  5. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sesuai selera.
  6. Masak sampai matang dan sajikan.

Ale-ale

Ilustrasi Ale-ale. (Special)

Salah satu tembolok khas Ketapang, Kalimantan Barat ini sekali lagi memiliki cita rasa yang eco, loh. Ale-ale ialah tembolok yang identik dengan siput laut kudrati Badam dan hanya bisa ditemukan di Badam, Kalimantan Barat, lho!

Jenis kerang ini memiliki ciri-ciri, seperti remis, bercangkang berkanjang dan licin, serta episode dalamnya berwarna putih bersih. Nggak sahaja itu, saking ikoniknya, ale-ale juga menjadi tugu di Ketapang, Kalimantan Barat.

Makanan ale-ale ini boleh diolah dengan cara ditumis, sampai-sampai dibuat sambal. Ale-ale akan terasa lebih nikmat dihidangkan dalam hal panas, ditambah kembali dimakan rame-rame bersama keluarga terkasih.

Kerupuk Basah

Ilustrasi Opak Basah. (Special)

Lambung khas Kalimantan Barat selanjutnya ialah opak basah. Alat pencernaan nan berpokok dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ini juga mempunyai cita rasa nan unik.

Kerupuk basah terbuat dari tepung sagu dan iwak belida. Teksturnya lembut dan kenyal karena dibuat dengan mandu dikukus. Kerupuk basah ini semupakat disantap kerumahtanggaan keadaan panas bersama dengan saus kacang.

Kerupuk basah lagi merupakan salah satu oleh-oleh unik Kalimantan Barat nan wajib dibawa pulang ketika kamu menjenguk ke sini.

Chai Kwe atau Choi Pan

Ilustrasi Chai Kwe. (Special)

Riuk satu yang paling ikonik di Kalimantan Barat seterusnya merupakan chai kwe atau choi pan. Kas dapur khas Tionghoa mulai sejak daerah Singkawang, Kalimantan Barat ini juga lain kalah nikmat dengan jajanan khas Kalimantan Barat lainnya, lho!

Baca :   Buket Bunga Wisuda Kudus

Pasalnya, jika sudah mencicip sekali, karuan beliau akan ketagihan. Chai kwe atau choi pan ini terbuat berusul bubuk beras atau tepung terigu pada bagian luar kulitnya. Kemudian, kerjakan putaran dalamnya resmi diisi dengan besusu, birah, kucai atau udang rebon yang diiris halus dan tipis.

Berpokok bentuknya terlihat seperti kue kroket tak? Camilan chai kwe alias choi pan ini sangat baik dihidangkan dengan cara dikukus atau digoreng. Eksterior kulitnya biasa ditaburi dengan bawang putih rendang yang telah dihaluskan dan enggak lupa disajikan dengan sambal pedas dan campuran sitrus nipis. Perlu coba deh pokoknya!.

Lek Tau Suan

Ilustrasi Lek Tau Suan. (Special)

Salah suatu camilan manis nan wajib di coba yaitu lek tau suan atau bubur gunting yang terbuat dari kacang hijau atau kacang kedelai nan telah dikupas.  Sajian ini menggunakan kuah kental nan semacam itu bening, manis dan kental terbuat dari abu tepung ubi kayu, gula pasir dan pandan.

Suguhan bubur manis asli Tionghoa ini akan terasa lebih teladan takdirnya ditambah dengan ca kwe garing sebagai
topping-nya.

Ce Hun Tiau

Ilustrasi Ce Hun Tiau. (Special)

Ce Hun Tiau atau Sagu Gunting ini dari segi tampilan kelihatan sebagai halnya es bongko. Rasanya manis dan sedap dihidangkan intern situasi cahang, bersamaan dengan es provokasi.

Ce Hun Tiau yakni jajanan khas ii kabupaten Pontianak yang paling banyak digemari dari segala nasib. Biasanya para musafir lego jajanan ini dengan gerobok dorongnya. Adapun campuran dari Ce Hun Tiau ini yakni agar-agar, bongko, kacang abang, kacang tanah, ketan hitam, cincau, serta dicampur dengan santan.

Rasanya cukup manis, eco dan menyegarkan. Apalagi dinikmati ketika siang hari yang terik.

Baca :   Download Mp3 House Musik Nonstop

Pupur Basah Khas Kalimantan

Source: https://www.ladiestory.id/wajib-coba-hidangan-kuliner-lezat-dari-kalimantan-barat-67707

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …