Menanam Ubi Jalar Di Karung

Hendrasap

Berkatalah kepada dirimu sendiri “Aku ini sosok yang tak baik maka pekerjaanku yang terpenting yakni membuat kebaikan”.

Cara Menguburkan Ubi Jalar



3 min read

Ubi kayu jalar ataupun
Ipomoea batatas
merupakan tanaman budidaya yang diambil umbinya kerjakan tergarap menjadi berbagai makanan fertil fruktosa. Katanya keledek terbit bersumber Amerika Selatan yang memiliki iklim tropis kemudian sreg abad 16 ubi jalar mulai menyebar ke seluruh mayapada. Adv amat gimana ya cara menanam kaspe jalar ?

Kali ini Nonatani akan membincangkan tentang cara memiara kaspe jalar. Pendirian menanam ubi jalar ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terletak 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca, Ayo simak masa ini juga!

cara budidaya umbi jalar

Kaidah Menanam Keledek

Daftar Isi

  • Prinsip Menyelamatkan Ubi Jalar
    • 1. Bibit Ubi jalar
    • 2. Ancang Lahan Tanam
    • 3. Jarak Tanam Keledek yang Ideal
    • 4. Cara Menanam Ubi kayu Jalar
    • 5. Penyebab Kemusykilan Cara Menanam Ubi Jalar
    • 6. Harga Pati dan Harga Jual Ubi Jalar

Umum bukan hanya memanfaatkan umbinya saja melainkan patera mudanya pula bisa diolah menjadi sayur. Selain itu ada juga nan menjadikan tanaman ketela rambat sebagai tanaman solek. Jika dibandingkan pokok kayu sumber karbohidrat lain, ketela rambat jelas memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A terala, yaitu mencapai 14187 IU.

1. Pati Ketela pohon Jalar

Masih mangut untuk mendapatkan bibit ? Tenang sira dapat membentuk bibitnya sendiri kok karena keledek bisa diperbanyak menggunakan 2 yaitu generatif dan vegetatif.

Pertama aku akan menjelaskan perkalian generative dengan melalui umbi. Kamu suntuk memilih umbi yang dirasa berkualitas lalu letakkan sreg tempat yang memiliki suhu lembab sebatas tunasnya keluar.

Jika sudah tumbuh tunasnya, dahulu potonglah semi yang bertunas itu dan barulah bibit umbi ini siap dibesarkan. Metode generatif ini bisa kamu lakukan jika cara menanam ubi kayu jalar hanya privat sekala terbatas. Kamu bisa memperalat cara multiplikasi ini kerjakan mengembalikan sifat unggul indukan.

Baca :   Mimpi Memakai Sandal Hak Tinggi

Yang kedua adalah perbanyakan vegetatif dengan melampaui cara stek batang. Langkah awal pilihlah indukan bersumber tanaman nan masih berusia kian dari 2 wulan dan masih singkat-singkat ruasnya.

Potong layon tumbuhan yang sudah kamu pilih dengan tinggi duga-kira 15-25 cm. Setiap rincihan harus ada dua ruas kunarpa, itupun masih syarat minimal ya. Kemudian papas beberapa patera yang sudah lanjut usia sepatutnya penguapan dapat diminimalisir dan balut batang tersebul lalu biarkan di ajang teduh selama 1 minggu saja.

Mudah dan ngga ribet menanam ubi jalar dengan metode stek ini. Tapi harus dia ingat bahwa stek batang secara terus menerus akan berhasil puas penjatuhan kualitas tanaman ubi kayu jalar. Idealnya sih hanya 3-5 perkalian saja.

2. Langkah Petak Tanam

Banyak prinsip untuk menanam ubi jalar ini salah satunya adalah dengan menggunakan alat angkut karung ataupun polybag. Pada sub judul ini aku akan membahas mengenai cara tanam kaspe jalar dalam karung agar berbuah banyak dan segara. Cara ini tak jauh beda dengan di media polybag.

Pertama, engkau harus menyiapkan persil buat wahana tanam bibit. Jenis tanah nan paling bagus lakukan menguburkan keledek merupakan kapling berabu beraduk pasir. Tapi bukan harus menunggangi tanah ini juga sih, gunakan persil nan mengandung humus banyak dan gembur.

Campur tanah yang adv minim bernas dengan cendawan soren secukupnya saja. Hal ini karena pemupukan nan harus anda lakukan terdapat pada fase pengisian pangkal pohon ketika mutakadim unjuk.

Jika mutakadim siap, masukkan petak ke karung atau polybag. Buat lubang pada bagian radiks dan samping karung cak agar air lain menggenangi sarana persil.

Bibit nan sudah ia siapkan tadi sebaiknya segera ditanam. Untuk lubang sreg adegan tengah kemudian tancapkan ekstrak. Setiap karung kiranya cuma 1 bibit tetapi supaya umbi dapat tumbuh maksimal.

Baca :   Suku Bunga Kredit Mobil 2022

Letakkan pada tempat terbuka tinggal guyur bibit yang baru kamu tanam agar tidak layu. Aturlah jarak antar karung mudahmudahan terbantah lebih tertata dan melampiaskan perawatan.

3. Jarak Tanam Ubi Jalar yang Paradigma

Prinsip budidaya ubi jalar di polybag atau karung tidak membutuhkan tanah nan luas. Tapi tak ada salahnya jika kamu mengoptimalkan lahan dengan memperalat karung yang berukuran kecil. Dengan medan yang kecil juga akan memudahkan engkau untuk memindah tanaman tesebut ke tempat yang aman jika terjadi hujan tebal maupun banjir yang boleh hanya melanda.

4. Pendirian Menyelamatkan Ubi Jalar

Pemeliharaan ubi jalar juga harus kamu lakukan karena umbi akan ampuh seandainya kamu melakukannya. Situasi ini berkaitan dengan fertilisasi inti ya dan penjagaan lainnya.

– Pendirusan

Kalau kamu mau membanjur tanaman ketela pohon jalar internal karung hendaknya gunakan gembor dan untuk momen pagi periode saja. Jangan teralu banyak menyiramnya agar enggak layu dan tanah tidak burung laut lembab. Seandainya petak lembab akan memicu tumbuhnya jamur patogen yang dapat menimbulkan scab (kudis) pada penggalan umbinya.

– Penyiangan Gulma

Karena kamu mengamalkan mandu budidaya ketela rambat di polybag alias di karung maka akan minim melakuakan penyabunan gulma. Cukup beberapa bulan sekali sahaja detik sudah banyak tumbuh gulma. Setelah mencabutcabut gulma lakukan juga penyiangan sambil mengasihkan pupuk pembesaran umbi.

– Fertilisasi Pembesaran Pangkal pohon

Setelah tanaman ketela rambat berusia 1,5 bulan inilah saat yang tepat untuk mengerjakan pemupukan. Hal ini karena pongkol sudah lalu mulai muncul pada umur 1,5 bulan dan sudah siap kamu beri nutrisi seyogiannya dimensi umbinya besar-besar.

Pupuknya kembali mudah dia temui. Gunakan saja pupuk organik biar rasa manis asli pangkal pohon loyal terjaga. Atau kalau tidak beliau dapat membut bokashi agar vitamin n domestik pupuk cepat diserap makanya umbi dan ini juga bisa dibilang metode buku cara tanam ubi jalar dalam karung moga berbuah banyak dan samudra.

Baca :   Cara Merawat Baterai Tanam Laptop Lenovo

Lakukan membentuk bokashi memang membutuhkan periode nan agak lama. Makanya siapkan di awal ketika mau melakukan pendirian memakamkan ubi jalar.

  • Yang pertama siapkan pupuk organik, terpat, sakarosa, seember air dan EM4
  • Larutkan ½ kg sakarosa kedalam air. Kemudian campurkan EM4 sebanyak 500ml dan simpan sejauh 1 perian alias lebih ditempat yang memiliki guru sejuk.
  • Setelah itu sira boleh mencampurnya ke pupuk organic tadi
  • Tutup dengan terpal sampai jamur cak hendak digunakan

5. Penyebab Kegagalan Cara Menyelamatkan Ubi Jalar

Melakukan cara mengebumikan ubi jalar memang tebak mudah. Hanya kekesalan dapat kulur karena serangan hama dan komplikasi seperti kawul pathogen, uret, orong-orong dll.

Wereng dan penyakit itu dapat menyebabkan kudis, rusak buah dll. Sira bisa mengendalikannya dengan hadiah insektisida dan fungisida secara terevaluasi.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ubi Jalar

Subjudul ke-6 ini aku akan menerimakan referensi harga ketela rambat nan suka-suka di toko online. Berikut harganya.

Nama Harga Sumber
Bibit Ubi Ungu Singkong Jalar Rp250 https://shopee.co.id/Esensi-Ketela pohon-Ungu-Ubi kayu-Jalar-i.124873656.5123214371
Stek bibit ubi jalar kuning istri muda Rp5.200 https://shopee.co.id/Stek-bibit-ketela pohon-jalar-kuning-sembayan-Cilembu(-6-jenazah-ada-tambahan-Bonus)-i.166052091.3742447460
Ubi Jalar Fresh 1000gr Rp20.000 https://shopee.co.id/Ubi-Jalar-Fresh-1000gram-i.366018752.5878942006


Menanam Ubi Jalar Di Karung

Source: https://nonatani.id/cara-menanam-ubi-jalar/

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …