Lokasi Pohon Tabebuya Di Surabaya

Pemkot Surabaya sendiri mendatangkan pohon tersebut berusul Malang dan Kediri sejak 2010

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA  – Suasana di Kota Surabaya, Jawa Timur beberapa perian keladak ini terbantah lain berpangkal rata-rata. Ada pemandangan mulia dan sejuk seiring dengan mekarnya rente Tabebuya di sepanjang jalan protokol.

Bunga bernama latin Tabebuia chrysotricha ini memang sengaja ditanam di sepanjang jalan protokol Ii kabupaten Pahlawan. Bunga nan sececah mirip dengan Sakura ini belaka mekar di ujung tuarang.

Anakan-bunga nan mekar bercat kuning, jambon, salih dan ungu itu boleh dijumpai di Perkembangan Embong Malang, Basuki Rahmat, Kertajaya, Raya Gubeng, Ahmad Yani, Mayjend Sungkono dan perkembangan lainnya.

Mekarnya Tabebuya tentu berpunya menyayangi penduduk yang memintas di jalanan kota. Pun demikian, anak uang bermekaran itu juga bisa dijumpai di yojana-yojana kota Yojana Surya, Taman Apsari, Taman Bungkul dan lainnya.

Lain hanya bunga Tabebuya yang bermekaran, melainkan kembali suka-suka rente kertas, anggrek, bougenville yang bercat merah mulai dewasa, putih dan ungu. Anakan-bunga yang bermekaran ini menggandeng masyarakat umum untuk mengabadikannya lewat diunggah di media sosial.

Beberapa muda-mudi memanfaatkan mekarnya aneka keberagaman anak uang itu dengan berswafoto. “Suasana di sini patut indah. Ini bagus bakal foto selfie (swafoto),” introduksi salah seorang mahasiswa Universitas Bhayangkara (Ubara), Riska saat berayun-ayun kaki bersama temannya di Yojana Matahari yang lokasinya berhadapan kontan dengan Balai Kota Surabaya.

Riska juga menilai bunga Tabebuya bermekaran membuat jalanan ii kabupaten semakin elok dan suasananya sebagai halnya menikmati mekarnya bunga sakura di Jepang. Pemukim Nginden Surabaya ini berharap moga Pemerintah Ii kabupaten Surabaya lebih memperbanyak lagi menguburkan pohon Tabebuya di jalanan kota maupun taman.

Baca :   Cara Membuat Origami Bunga Carambola

Diketahui Tabebuya ialah jenis tumbuhan nan berpokok bersumber negara tropis, Brazil. Tabebuya nan sering dijumpai di Indonesia berbentuk terompet dan pasuk dengan ukuran 3-5 sentimeter.  Seringkali banyak orang menyebutnya sebagai pokok kayu Sakura di Jepang, karena bila dari kerangka mirip seperti bunga Sakura.

Tabebuya termasuk jenis tumbuhan samudra yang mempunyai keunggulan daunnya bukan mudah rontok, serta akarnya tak merusak rumah atau tembok. Pohon yang bunganya bermekaran di pengunci tuarang itu juga mempunyai struktur ranting yang rindang, serta pohonnya lain berlebih tinggi. Pohon ini sekali lagi berfungsi bakal pengisapan karbon serta polusi kendaraan.

Pemkot Surabaya seorang mendatangkan pohon tersebut terbit Malang dan Kediri sejak 2010. Tabebuya itu kemudian dibudidayakan di Kebun Ekstrak Surabaya untuk sekali-kali ditanam di sejumlah jalan atau taman. Tabebuya yang bertaruk di Surabaya mempunyai beberapa varian rona, adalah kuning, biram muda, asli, dan dandan ungu yang disebut-sebut punya paralelisme dengan bunga sakura.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser mengatakan ide penanaman Tabebuya ini tak lepas semenjak inisiatif Pengampu Ii kabupaten Surabaya Tri Rismaharini puas saat masih menjabat sebagai Atasan Dinas Kebersihan dan Pertanaman (DKP) Ii kabupaten  Surabaya.

Namun penanaman tumbuhan Tabebuya saat itu belum banyak. Pemkot Surabaya melakukan penanaman sejumlah jenis tumbuhan dan pokok kayu secara serius pada 2010 lakukan peremajaan ruang mangap bau kencur di Surabaya.  Menurut Fikser, mekarnya Tabebuya di Surabaya terjadi dua kali dalam setahun, merupakan pada April dan November. Hal ini menjadi fenomena nan istimewa karena lazimnya anakan ini berkembang di musim kering, tidak lega musim menjelang hujan seperti saat ini ini.

“Suasana Surabaya menjadi romantis seperti di negara Sakura. Lebih lagi mekarnya di waktu hujan ini cukup solo, karena saat mendung, angin berhembus dan suasana kembali menjadi romantis,” katanya.

Baca :   Membuat Pot Bunga Dari Kain Bekas

Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya telah menanam ribuan pohon Tabubaye ke sejumlah area tercatat perkembangan dan taman di Kota Surabaya. Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berencana akan menjadikan momentum bulan Oktober dan November ibarat periode Tabebuya nan diharapkan dapat menjujut kunjungan wisatawan cak bagi cak bertengger ke Surabaya.

Ia mencontohkan di Jepang, banyak wisatawan berdatangan ke sana pada saat musim bunga Sakura bermekaran. Sekadar saja jika bunga Sakura varietas warnanya tekor, sahaja Tabebuya jenisnya warnanya cukup banyak. Tentunya keadaan ini menajdi keuntungan seorang bagi Kota Surabaya.

sumber : Antara

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Lokasi Pohon Tabebuya Di Surabaya

Source: https://www.republika.co.id/berita/pixw8t335/mekarnya-bunga-tabebuya-di-surabaya

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …