Bougenville, maupun yang biasa disebut Bugenvil, merupakan riuk satu tanaman hias nan sangat tersohor di Indonesia. Sebagian lautan orang biasanya menanam bougenville di depan apartemen agar merambat rupawan dan membentuk tampilan flat menjadi baplang. Harga rente bougenville sendiri relatif tercapai kalau dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Rente Bougenville (sumber: hasshe.com)

Karakteristik Bunga Bougenville

Bougenville sendiri kasatmata sebuah pokok kayu boncel yang rumit bagi merecup dengan tegak. Trik tarik utama dari anak uang ini tentu namun yaitu kelopak bunganya nan berwarna suntuk binar dan mempesona karena nantinya dapat bertunas dengan rimbun. Seludang bunga tersebut comar dianggap bak babak dari bunga, padahal sebenarnya bagian bunganya tersebut justru kerdil yang terlindungi oleh selubung.

Tumbuhan hias yang satu ini berpunca dari Amerika Daksina dan selalu ditanam orang di taman atau negeri perumahan. Detik dari, bougenville memiliki kebiasaan merontokkan bilang daunnya. Bougenville kembali kerap dijuluki sebagai rente kertas lantaran bentuk seludang bunganya tipis dan mirip seperti kertas.

Sebagian lautan dari Anda mungkin banyak yang penasaran mengapa bunga yang sani ini dinamakan bougenville. Ternyata, tumbuhan yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Bougainvillea ini menjumut nama dari Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit AL Perancis. Jenis sosi bougenville nan paling kecil tersohor merupakan Elizabeth Angus, Red, Pultonii ‘Easter Parade’, dan Lady Mary Baring.

Selain warna-warnanya nan menghirup, rupanya penghutanan dan perawatan bunga bougenville pun tidak selit belit. Ia tak teristiadat menghabiskan masa nan terlalu lama buat menanti bougenville berbunga. Pasalnya, anak uang bougenville memang cocok untuk ditanam di kawasan yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia ini. Bahkan, jikalau telah berkembang dengan suburnya, bougenville dapat bertunas hingga menjejak tinggi 10 meter.

Baca :   Gambar Buah Buahan Untuk Anak Sd

Namun, di balik keindahannya, Dia patut berhati-hati, sebab mayat pohon bunga bougenville duga keras dan memiliki duri yang drastis dan bercabang-cabang. Cak bagi mengembangbiakkannya, Anda mesti mengerat buntang yang disemai dalam bungkus plastik atau pot.

Harga bunga bougenville lagi cukup tercapai, bibitnya yang sudah mempunyai batang lazimnya dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah, tergantung dari jenis dan warnanya. Kerjakan bougenville berwarna ungu, kebanyakan menjadi varian dengan harga termahal dibandingkan bugenvil dengan warna-corak lainnya. Sebagai informasi, berikut daftar harga bunga bougenville di picisan saat ini.

Varian Bunga Bougenville - steemit.com
Varian Rente Bougenville – steemit.com

Harga Bunga Bougenville

Jenis Bunga Bougenville Harga per Batang
Bibit Bunga Bougenville Merah Cukup umur Rp25.000
Ekstrak Anak uang Bougenville Asfar Rp37.500
Bunga Bougenville Stek 4 Warna Rp38.800
Bibit Anakan Bougenville Asli Rp40.000
Bibit Anak uang Bougenville Rp50.000
Bibit Bunga Bougenville Oranye Rp51.000
Bibit Rente Bougenville Ungu Rp52.700
Rente Bougenville Jati 40 cm Rp53.200
Bunga Bougenville Ungu 1 m Rp58.000
Anakan Bougenville Magenta Rp62.500
Ilustrasi: Bougenville Tumbuh di Depan Rumah (credit: thespruce)
Ilustrasi: Bougenville Tumbuh di Depan Rumah (credit: thespruce)

Perlu Engkau ketahui, harga anak uang bougenville di atas tidak terikat dan boleh berubah sama sekali. Seumpama perbandingan, pada 2019, harga anak uang bougenville berkisar Rp35.000 hingga Rp76.000, terampai jenisnya.

Sementara itu, sekiranya dibandingkan dengan hari 2020, harga anak uang bougenville periode 2021 mengalami penurunan, tetapi mendaki di tahun 2022. Seumpama contoh, bunga bougenville tahir 40 cm nan dibanderol Rp54 ribu di tahun 2020, turun menjadi Rp50 ribu di masa 2021, tetapi menanjak menjadi Rp53 ribuan di masa 2022.

Dengan perawatan nan mudah serta harga jual bunga bougenville yang stabil, membuat pohon hias ini termasuk salah suatu yang terkenal untuk dibudidayakan. Anda pun bisa dengan mudah mendapatkannya di sejumlah pasar rente alias toko yang menjual berbagai tanaman hias.

Baca :   Mata Kucing Belekan Terus

[Update: Almas]