Dolar Rambat Daun Kecil

Selepas dinding pagar belakang rumah kelar dibangun, hal pertama nan saya lakukan adalah tiba menanam pokok kayu rambat. Tujuannya untuk membuat suasana kebun lebih asri dan tentunya kian estetik dong. Saya merayap ke akang tanaman yang berjajar di sebrang bab tol Kukusan Depok. Langsung borong 10 ponten mata uang rambat kecil. Rial rambat besar saya beli di toko daring.

Tinggal apa bedanya dolar rambat yang kecil dan lautan?

Dolar rambat besar atau
singhle plants atau tanda latinnya Raphidopora hayi adalah pohon nan berasal berusul Papua Nugini dan Queensland.

Tanaman ini di Indonesia banyak disebut rupe rambat besar dan sering membuat bingung bagi kita nan masyarakat di dunia biologi. Sedangkan dolar rambat kecil nama latinnya merupakan
Ficus pumila
atau banyak disebutdollar creepers.

Dolar rambat besar

Jika dilihat semenjak penampakannya tentu saja terlampau berbeda. Euro rambat mungil ukuran absah daunnya belaka sebesar kuku jempol. Sedangkan dolar rambat lautan ukurannya jauh lebih besar (sesuai namanya) dan permukaan daunnya lebih halus. Dimensi daun mata uang rambat samudra bisa sampai seukuran telapak tangan dewasa, semakin tinggi rembet maka semakin samudra. Pertumbuhan dolar rambat kerdil sangat polos karena dari satu batang utama bisa bertunas banyak cabang. Sedangkan dolar rambat besar rata-rata hanya tumbuh satu julai doang dan kemungkinan terserah cabang rendah.

Rupe rambat kecil atau Ficus Pumila.
Foto model paling kecil cakap di kebunku, temen cerita dan temen berkebunku, Manjapada Diny.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman melipatkan dolar rambat besar yang tentunya sangatlah mudah. Beberapa polybag sudah saya bagikan ke teman-kutub pecinta tumbuhan. Karena mandu perbanyakanya nan mudah maka harga tanaman ini juga cukup murah kisaran 7 ribu hingga 15 ribu rupiah per polybag.

Baca :   Cara Membedakan Hoodie Champion Ori Dan Kw
Saya putuskan menulis ini di blog karena mutakadim beberapa perian ini ada yang patah jadi bertepatan nanam, foto-foto dan tulis deh.

Saya biasanya memperbanyak pohon ini saat dia dampingoffside —tumbuh melewati bagian atas sogang. Karena kalau sudah
offside motongnya sulit karena terlalu pangkat (sekeliling 4 meter). Tadi pagi cak semau yang tumbang sebagian dan patah karena fragmen atasnya cacat berapit ke tembok. Cara memperbanyak tanaman ini adalah dengan sistem stek batang.

1. Ambil bagian atas batang. Sangat potong-bacok yang tiap batangnya kaprikornus 3 alias 4 daun. Pastikan posisi atas dan bawah jelas, letakan berjejer agar enggak membingungkan.

Jumlah patera cak semau 15, saya potong makara 5 layon yang masing-masing berfaedah suka-suka 3 daun.

2. Buang 1 daun minimal bawah di setiap irisan agar mudah melakukan propagasi dan penanaman. Peristiwa ini juga akan mempercepat pertumbuhan akar plonco.

Potong semua satu daun adegan bawah.

3. Potongan batang bisa sekaligus ditanam di polybag dengan wahana tanam campur atau bisa dipropagasi dengan air dahulu sampai muncul akar tunggang bercelup jati di ujung-ujung akar tunjang tua. Saya menggunakan sistem propagasi air, karena memang masih berat ekor main tanah, hehe. Jika menunggangi sistem propagasi air dulu, letakan tanaman di dalam kondominium agar daun tidak mudah layu. Jangan lupa lakukan mengganti air setiap satu alias dua hari sepatutnya enggak ada cuk nyamuk. Saya lazimnya propagasi air sejauh seminggu, lalu bermigrasi ke kendaraan tanam di polybag.

Propagasi dengan air. Gunakan tempat alias pot tanpa lubang.

Letakan di panggung yang minim seri atau di dalam kondominium hendaknya tidak layu.

4. Setelah 1-2 bulan di polybag, akan muncul tunas baru kecil berbentuk cabang berpangkal batang utama. Jika cabang ini sudah agak panjang, bisa dipindah (repotting) ke pot yang makin besar alias ke tanah lalu tempelkan cabang tersebut ke dinding menunggangi selotip atau jepit kabel. Dinding rambatan tidak teradat kasar sama dengan di foto saya, bisa juga di tembok yang lembut dan rata. Lama-kelamaan akar susu baru akan berpasangan dengan sendirinya ke dinding.

Baca :   Harga Bougenville 3 Warna
Biasanya setelah sebulan, cabang baru bermatra sekitar 5-10 cm.
Di foto ini telah lumayan lama karena belum diambil-ambil.
Nempel seorang ke dinding lantai.

Biaya siluman:

1. Tanaman ini menyukai matahari, bintang sartan jika kamu tanam di ajang yang kurang rawi kemungkinan ia akan katai, malah sulit sekali tumbuh. Saya mutakadim coba di jerambah depan rumah nan lewat minim cahaya matahari, gagal semua nggak ada yang cak hendak merambat. Dandan daun tunak mentah sih lain mati, tapi daun hijau tidak mau keluar.

Foto kiri: saya menanam dolar rambat besar mendekati matahari pagi.
Foto kanan: patera-patera yang kroak dimakan bekicot.

2. Bekicot atau siput sangat mengesir pokok kayu ini, coba inspeksi saat lilin batik masa di bagian daun yang telah kroak, rata-rata mereka aktif di atas jam 8 lilin lebah.

3. Gunakan vitamin B1 pokok kayu yang dicampur dengan air, lalu siram ke polybag saat menanam stek pertama. Lalu bikin lagi detik mengimbit sarana ke botol ataupun ke tanah.

Apakah euro rambat teristiadat wiremesh? Karuan hanya tak. Ia akan rapat seorang ke tembok.
Di foto ini semata-mata bak abstrak sahaja, karena wiremesh cincau saya botak, akhirnya saya tanam rupe rambat di belakangnya kendati rame.

Dolar Rambat Daun Kecil

Source: https://www.n-journal.com/2022/01/memperbanyak-tanaman-dolar-rambat-besar.html

Check Also

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Bedak Bayi

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Bedak Bayi Sepatu yang comar dipakai, memang terkadang menyebabkan bau …