Cara Sambung Pucuk Petai

Cara Sambung Pucuk Petai

Cara Mewujudkan Tanaman Petai Agar Cepat Berbuah



Cara Mengetanahkan Petai Seharusnya Cepat Berakibat



Petai
(Parkia speciosa) maupun
Pete
merupakan salah suatu jenis tumbuhan yang buahnya berbau khas , tanaman ini misal pokok kayu melanding (petai cina) namun ukurannya bertambah besar. Biji pelir pete memiliki aroma singularis agak ibarat aroma cengkol , buah petai dikonsumsi segar maupun dijadikan materi campuran sejumlah menu andai sambal dan sayur. Pohon Petai berbuah musiman , setahun sahaja centung terserah 1 bisa jadi muism petai.



Biji pelir Petai akan berwarna baru ketika masih muda , namun ketika telah bau tanah biji pelir petai akan berkembang menjadi warna orange dan kulit buahnya morong berkembang menjadi kehitaman. berbunga beberapa kata sandang online yang dibaca , biji zakar petai memiliki kemujaraban baik buat kesehatan raga. Bilang faedah petai untuk kesegaran diantaranya: Mencegah sembelit , membantu memperlancar pencernaan , mencegah stress , dan mengurangi kebolehjadian asam kas dapur. Namun biji kemaluan petai tidak dianjurkan kerjakan anak adam yang n kepunyaan histori penyakit asam urat.

Cak bagi memelihara tanaman petai hendaknya cepat berbuah dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:



Menyiagakan Bibit Petai

Bagi menanam petai dapat dilakukan dengan menggunakan biji (generatif) dan juga boleh dilakukan dengan okulasi (vegetatif). Seandainya anda menginginkan  pohon petai yang cepat berbuah , maka pembibitan sebaiknya dilakukan dengan pendirian okulasi.

Buat membuat bibit petai dengan cara okulasi , dapat dilakukan dengan prinsip yang sama laksana menanam pohon buah srikaya dan cara menanam durian. Okulasi dapat dilakukan dengan sejumlah langkah berikut:

  1. Menyiapkan mayit pangkal mulai sejak hasil semaian biji , atau dari biji petai yang tumbuh palsu.
  2. Masukkan bibit semaian poin petai ke dalam polybag osean.
  3. Carilah semi dari salah satu pohon petai yang mutakadim berbuah.
  4. Sayat kulit batang pohon petai hasil semaian dengan ukuran tertentu.
  5. Sayat lagi kulit tunas dari pohon nan sudah berakibat dengan dimensi sama.
  6. Tempelkan sayatan tunas dari tanaman yang sudah lalu berbuntut ke tumbuhan petai hasil semaian yang digunakan bak pohon bawah.
  7. Ikatlah dengan memperalat utas semoga kedua sayatan dapat menyatu.
Baca :   Cara Berkembang Biak Bunga Asoka
okulasi , okulasi petai , menanam petai
Pic/usahacampurcampur/okulasi

Selain dengan metode okulasi ibarat gambar di atas , cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan cara sambung pucuk. Semata-mata , kalau ia tidak ingin repot maka bibit pohon petai dapat diperoleh di penjual konsentrat tanaman di seputar daerah tinggal dia.



Membuat Lubang Tanam

Buat menanam tanaman pete , maka terlazim dibuatkan lubang tanam terlebih dahulu seraya menunggu bibit siap ditanam. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 40cm. Isi terowongan tanam dengan menggunakan kawul sangkar setakat 2/3 bab terisi. Biarkan gorong-gorong tanam selama 1 rembulan semoga pupuk sangkar benar-benar meresap dan menambah unsur hara dalam tanah. Jika dia mau menanam petai internal jumlah yang banyak , maka buatlah lubang dengan ukuran nan sama lega jarak 5-6 meter dari lubang sebelumnya.



Mengetanahkan Bibit Petai

Setelah esensi petai sudah menghasilkan tunas dan sudah mulai tumbuh dengan baik , maka langkah selanjutnya yakni memindahkan bibit ke tanah tanam permanen yang telah disiapkan. Buka polybag semaian dengan cara membetas secara perlahan , kemudian masukkan ekstrak ke internal lubang tanam nan telah disiapkan.

Tutup kembali lubang dengan menggunakan sisa tanah , kemudian padatkan. Lakukan kejadian nan sama setakat semua lubang tertanami. Lakukan penyiraman sesaat setelah penanaman simpulan dilakukan , namun kalau animo penghujan anda lain perlu melaksanakan penyiraman. Oleh alasannya merupakan itu , sebaiknya penanaman dilakukan pada sediakala animo penghujan.



Merawat Pohon Petai

Pokok kayu petai yakni tanaman nan bukan memerlukan perawatan khusus , proteksi yang harus kamu buat hanyalah memastikan jukut alias gulma enggak tumbuh dan menutupi pokok kayu sehingga menghambat pertumbuhan. Jika anda ingin melaksanakan pemupukan ulang , maka lakukan pada hayat tanaman sekitar 6 bulan sesudah penanaman.

Baca :   Cara Menanam Bunga Foxglove

Itulah bilang langkah cara mengebumikan petai dengan okulasi sehingga menghasilkan tumbuhan petai nan cepat berbuah. Tanaman petai hasil okulasi akan bertelur pada umur sekitar 5 tahun semenjak penanaman , saja takdirnya ia asian maka pohon pete hasil okulasi akan berbuah sreg umur 4 perian.

Cara Sambung Pucuk Petai

Source: https://petaniberas.blogspot.com/2017/08/cara-membuat-tanaman-petai-agar-cepat.html

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …