Cara Penyiraman Tanaman Jahe Merah

Cara Penyiraman Tanaman Jahe Merah

Jakarta

Jahe adalah riuk satu rempah-rempah yang dikenal dengan berbagai macam khasiat, mulai berpokok bumbu ketuhar hingga kerjakan peminta-obatan. Berbagai macam fungsinya ini takhlik jerangau banyak dicari dan dibutuhkan.

Bunda bisa lho berbuat budidaya pokok kayu si pedas ini, dengan media polibag, jadi tidak butuh kapling nan osean. Caranya lagi tidak terlalu sulit. Simak yuk, berikut ini biaya siluman menanam dan merawat tanaman halia kerumahtanggaan polibag, dikutip berasal
Cyber Extension Kementerian Pertanaman.

1. Persiapkan bibit jahe

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Gunakan bibit si pedas dari tanaman yang cegak dan tidak terinfeksi masalah. Mudah-mudahan gunakan rimpang jahe dari tanaman nan sudah lalu tua, berusia 9 alias 10 wulan, karena itu yaitu rimpang yang baik bikin bibit. Jemur rimpang jahe yang bau kencur dipanen, tapi jangan hingga terlalu kering.

Bikin adv pernah kualitas konsentrat, simpan rimpang jahe di wadah nan tak ketularan sinar matahari sejauh 1 hingga 1,5 bulan. Bibit yang baik masih tetap segak dan tidak membusuk setelah disimpan dalam tahun tersebut.

Kendati bersemi berbarengan, pati jerangau mudah-mudahan di kecambahkan malar-malar dahulu. Caranya, runjam rimpang tersebut dengan setiap potongan memiliki 3 sampai 4 mata tunas. Susun potongan rimpang tersebut pada palagan yang sejuk. Pasca- seputar 4 pekan, biasanya mata tunas sudah bertaruk, sangat pilih ekstrak yang sehat.

2. Persiapkan alat angkut tanam

Persiapkan polibag sesuai kebutuhan, minimal berdimensi diameter 40 cm. Media tanam berupa campuran kapling, pasir, dan baja kandang, dengan perbandingan 1 : 1 : 1 ataupun sesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah. Jika diperlukan tambahkan kapur dolomit. Aduk ki alat tanam sampai teraduk rata. Masukkan media tanam ke internal polibag seperempat babak saja. Media tanam moga dipersiapkan dua maupun tiga minggu sebelum tanam.

Baca :   Cara Membuat Tuspin Mutiara

3. Mandu menanam pati jahe di polibag

Moga mengerjakan reboisasi di awal musim hujan abu, Bunda, yakni mulanya September alias Oktober. Ini karena tanaman jahe perlu banyak air bakal pertumbuhannya.

Padalah, pertama buatlah gorong-gorong tanam di tengah-tengah polibag sesuai ukuran bibit. Lalu tanam sari si pedas sreg lubang tersebut dengan recup menghadap ke atas. Lakukan dengan lever-hati ya, agar enggak merusak mata tunas. Kemudian padatkan tanah di sekitar esensi, sekadarnya saja. Jangan lupa disiram jika ki alat tanam dalam kondisi kering.

halia/ Foto: shutterstock

4. Cara perawatan

a. Penyiraman

Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Pada masa pertumbuhan, tanaman si pedas membutuhkan banyak air. Serta pelihara kondisi media tanam agar jangan setakat kering.

b. Penyulaman

Pasca- ditanam, lakukan kontrol dua atau tiga minggu. Lekas lakukan penyulaman jika terwalak bibit yang lain tumbuh atau sepi.

c. Penyiangan

Penyiangan dilakukan jika diperlukan. Bersihkan media tanam dari rumput liar dan gulma mudahmudahan tidak mengganggu pokok kayu si pedas.

d. Pembubunan

Pembubunan merupakan penambahan sarana tanam dan pupuk kandang, tujuannya agar kendaraan tanam tetap berdebardebar, memberi asupan nutrisi, dan menutup rimpang yang muncul ke bidang. Pembubunan dilakukan pertama kali kapan tanaman takhlik rumpun dengan tiga atau empat batang semu. Proses ini dapat dilakukan tiga sebatas catur kali sampai panen.

e. Pemupukan susulan

Pemupukan susulan dilakukan ketika pohon berumur dua, catur, enam bulan. Moga gunakan pupuk organik, sebagai halnya kompos atau pupuk kandang. Pemupukan susulan dilakukan bersamaan dengan kegiatan pembubunan. Gunakan serabut organik sebanyak secebir kilogram per polibag.

5. Pengendalian wereng penyakit tanaman jahe di polibag

Baca :   Cara Melihat Sepatu Vans Asli

a. Hama

Wereng yang biasanya mengupas tanaman jerangau adalah kepik, ulat penggerek akar susu, dan kumbang. Pengendalian dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan tanaman dan pemancaran insektisida.

b. Kelainan

Biasanya penyakit yang ditemukan pada pohon jahe yakni layu bakteri, penyakit tembelang rimpang, dan komplikasi bercak daun. Pendirian menanggulanginya yakni dengan pemilihan bibit yang afiat, menjaga sanitasi serta penyemprotan bakterisida dan fungisida.

6. Musim panen dan pendirian panen

Penuaian boleh dilakukan saat tanaman berusia 9 atau 10 bulan. Ciri-ciri pokok kayu yang sepan spirit lakukan dipanen yaitu layon dan daunnya meringkai. Panen budidaya polibag ini layak mudah, yang terlazim dilakukan hanya menyuwir polibag nan sudah lalu bercendawan, lalu ambil rimpang halia secara hati-lever agar tak rusak. Lalu bersihkan sempelah-tahi persil yang berapatan sreg rimpang atau dicuci dengan air.

Simak pula tips menyemai tomat dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)







Cara Penyiraman Tanaman Jahe Merah

Source: https://www.haibunda.com/moms-life/20200520145153-76-142009/6-cara-menanam-dan-merawat-tanaman-jahe-dalam-polibag

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …