Cara Merawat Baterai Laptop Asus

Sama dengan cucu adam namun, puas karenanya baterai laptop itu akan rusak dan mati. Enggak terelakkan, kadang tidak disangka-taksir. Anda enggak bisa mengangankan bahwa lampu senter Anda boleh digunakan selama berpuluh-puluh waktu. Itu mitos bung.

Kendati begitu, perawatan yang baik dapat membuat baterai Anda lebih panjang umur dan tahan lama. Berikut ini merupakan bagaimana cara merawat baterai laptop Anda agar bisa berkarya sepanjang mana tahu.

*Panduan ini kali akan lebih difokuskan untuk penggunaan baterai rechargeable Lithium-ion (Li-on) karena hampir semua laptop beradab memakainya.

1. Jangan Memuati Sendi Baterai secara Berlebihan

Sekiranya Anda menggunakan laptop baru, maka isilah aki hingga benar-benar terisi penuh lampau baru Anda gunakan.

Bakal 3 siklus pengisian pertama, isilah baterai sampai benar-benar penuh sebelum dipakai dan kosong sepenuhnya sebelum Anda mengisinya kembali.

Setelah perian itu, rawatlah aki laptop Anda dengan muslihat antara 40% – 80% cuma.
Apple’s Customer Care
pernah mengatakan

“engkau harus melakukan ini untuk memelihara elektron di dalamnya memindahkan adakalanya.”

Maka itu, cabutlah charge dari stopkontak kalau baterai telah 100% (laptop baru) dan 80% (laptop lama) untuk penghematan energi dan menjaga keawetan aki.

Jika Ia memaksa lampu senter cak bagi terus menerus menerima aliran setrum, maka baterai laptop akan cepat rusak.

Disarankan juga cak bagi mengisi daya ketika laptop dalam keadaan mati kuantitas.

2. Untuk Kalibrasi sejauh Beberapa Bulan

Pada laptop baru, produktivitas pemasangan baterai yang sudah penuh menjadi sedikit tidak akurat setelah beberapa bulan masa pakai. Maka itu, perlu adanya kalibrasi agar kinerja lampu senter laptop Beliau menjadi lebih baik.

Sejumlah laptop menyediakan peranti pengukuran di aplikasi Windows atau BIOS, jika laptop Anda memiliki riuk satunya, ikuti panduan ini untuk pengukuran :

Isi aki Beliau dengan menyambungkan pusat elektrik ke adaptor laptop Ia.

Saat baterai sudah lalu penuh, magfirah adaptor dan gunakan sentral baterai saja. Matikan/disable semua warning option untuk baterai di power options properties (sebagai halnya shut down, hibernate).

Nah, ketika  baterai cuma 3%, tutup semua aplikasi dan biarkan laptop mati dengan sendirinya.

Yang terlazim dilakukan lebih jauh merupakan mengisi ulang kembali baterai Anda sebatas penuh. Jika sudah, maka baterai Anda telah selesai dikeringkan untuk kalibrasi.

3. Jangan Paksa Laptop untuk Bekerja Terlalu Keras

Perlu Sira luang, laptop sebenarnya di desain cak bagi pekerjaan yang nisbi ringkas, bukan bisa kita samakan dengan PC yang bisa bekerja 24 jam nonstop.

Nah, seringkali kita lain sadar bahwa urusan jalan hidup menciptakan menjadikan laptop berkreasi kian gigih dari biasanya. Keadaan inilah yang bisa membuat master laptop bintang sartan lebih panas dan akhirnya overheat (panas berlebihan).

Baca :   Cara Membuat Pot Bunga Hias Dari Botol Bekas

Overheat karuan akan memengaruhi daya resistan baterai. Jika laptop panas, lampu senter pun umumnya ikut-turutan sensual. Akhirnya lampu senter cepat tembelang dan tidak tahan lama.

Cak bagi mengantisipasi keadaan itu, lakukanlah beberapa peristiwa berikut :

  • Jangan menaruh laptop di kasur, sofa atau pangkuan, karena peristiwa ini akan memblokir arus mega. Hal ini lama-kelamaan bisa menyebabkan laptop mengalami kepanasan. Dan panas yang jebah akan mengurangi musim pakai baterai tersebut.
  • Gunakanlah laptop secara berkala dan pasrah jeda kiranya laptop diistirahatkan sejenak. Jangan memperalat laptop terlalu lama (berjam-jam sonder henti).
  • Jangan gunakan laptop secara berlebihan dalam penggunaan petisi (multitasking), gunakan aplikasi seperlunya dan tutup jika memang sudah tidak digunakan.
  • Jangan bermain game sukar terlalu lama seperti mana dota 2, GTA 5, warfare dan game susah lainnya.

4. Pastikan Patuh dingin

Rata-rata laptop modern sekarang ini dibuat dengan baterai lithium, yang harus disimpan pada guru selingkung 50-90 derajat Fahrenheit.

Secara umum, lampu senter itu boleh bekerja secara optimal dalam hawa ruangan 68°F (20°C), namun temperatur ruangan antara 32° sampai 95° F (0-35° C) juga akan membuat baterai bisa bekerja dengan baik sekali lagi.

Anda mungkin runyam cak bagi memelihara master ini, tapi sekurang-kurangnya pastikan bahwa hawa tidak plus panas ataupun terlalu dingin karena dapat menurunkan kualitas baterai. Kejadian itu sekali lagi memberikan pengaruh destruktif kerjakan jangka spirit lampu senter Kamu.

Jika Sira sedang mengoperasikannya, sentuhlah bagian di sekitar lampu senter laptop, jika ternyata temperatur laptop sudah lalu panas, maka yang harus Beliau lakukan merupakan mematikannya. Setidaknya  berilah interval waktu cak bagi mengistirahatkan laptop Anda, kurang lebih 15-30 menit hingga suhu laptop kerumahtanggaan kondisi seremonial.

5. Kukuh Rutin Dicharge Meski Jarang Dipakai

Saat kita tidak menggunakan laptop sepanjang beberapa ahad, suka-suka baiknya jika kita tegar mengisi daya baterai. Disarankan untuk mengisi ulang baterai sekitar 3-4 minggu sekali ketika laptop jarang/tidak digunakan.

Dengan mengisi ulang baterai secara rutin, laptop sekali lagi akan terhindar berpunca kondisi lembab. Temperatur hangat nan muncul ketika baterai laptop dicharge boleh mencegah datangnya pupuk. Ini adalah salah satu cara merawat baterai laptop hendaknya lestari, tahan lama dan tidak cepat rusak/bocor.

Teristiadat Beliau ketahui juga, baterai yang terpasang pada laptop akan berkurang kapasitasnya meski tidak digunakan. Lepaslah aki jika memang tidak ingin menggunakannya internal waktu yang lama.

Anda harus menggudangkan dengan mengisi daya 50%-70%  secara konsisten pada negeri yang kudrati, kering dan sejuk. Menyimpan laptop dengan aki yang dikosongkan selengkapnya mungkin destruktif baterai buat sepanjang-lamanya.

Baca :   Perbedaan Sepatu Champion Ori Dan Kw

Kami juga tidak menyarankan menyimpan baterai untuk waktu yang tinggal lama (3 wulan atau kian), karena bisa mempengaruhi kualitas aki itu sendiri.

Menyimpan dengan benar juga dapat mengurangi pengisian penuh baterai uluran roh yang pendek.

6. Gunakan Charger yang Kompatibel dan Asli Bawaan Laptop

Pernahkah Anda mengisi daya baterai dengan charger yang enggak buah tangan laptop? Jika pernah, maka jangan dilakukan lagi. Sreg dasarnya tiap-tiap charger memiliki daya isi yang berlainan-beda dan disesuaikan dengan spesifikasi laptop.

Jika diseminasi elektrik yang digunakan tidak sama, maka baterai akan cepat rusak.

Dia harus betul-betul boleh memastikan bahwa charger Anda itu ceria bawaan laptop. Kalau semisal mutakadim rusak, belilah charger original di toko komputer terdekat. Jangan sekali-siapa memperalat charger bajakan karena boleh berbeda voltase distribusi listriknya. Kejadian ini lain direkomendasikan.

7. Jangan Menunggu Aki Sampai Kosong

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Besar perut mengikhlaskan baterai hingga ter-hormat-etis habis dapat menyebabkan baterai tak tahan lama bahkan  rusak/bocor. Jangan setakat ki akal baterai menunjukkan nilai 0% karena bisa berbuntut fatal bagi ke depannya.

Lihatlah cak acap kondisi lampu senter dan isi ulang sebelum pusat tekun habis. Biasanya laptop akan membagi peringatan bahwa taktik lampu senter dempang adv amat.

Takdirnya muncul peringatan baterai habis 10-20 % sekali lagi, itu tandanya Dia harus segera mengisi ulang trik baterai.

8. Gunakan Baterai ketika Laptop dioperasikan

Melepas aki ketika laptop sedang digunakan sebenarnya cukup berbahaya karena doang mempekerjakan persebaran listrik berbunga adaptor. Apabila terjadi antap listrik secara seketika, laptop lagi akan serampak mati dengan paksa. Sekiranya keadaan ini sering terjadi, kerusakan laptop tetapi tinggal menghitung waktu.

  • Internal penggunaan normal, seandainya laptop yang tidak terlalu seronok (CPU dan Hard Disk sekeliling 40ºC untuk 50ºC) aki harus tetap dipasang pada laptop;
  • Pengusahaan yang lama dan intensif yang mengirimkan ke jumlah raksasa sensual yang dihasilkan (misalnya main game, suhu di atas 60ºC) baterai harus dilepas dari soket buat mencegah pemanasan nan tak diinginkan (tapi ingat, baca poin selanjutnya).

Jadi, tetaplah menggunakan aki dan jangan dilepas. Seandainya aki memang aki sudah bocor/tembelang, beli lah baterai yang original di toko komputer terhampir.

9. Gunakan Stabilizer atau UPS (Uninterruptible Power Supply)

Untuk Anda yang memperalat laptop tapi dengan ‘melepas baterai’, ada baiknya Anda menambahkan stabilizer atau UPS ini. Stabilizer ini memiliki fungsi lakukan menjaga sirkuit tegar stabil sehingga kenyamanan Beliau n domestik menggunakan bisa terus terlatih.

Baca :   Merk Sepatu Roda Terbaik

Stablizer dapat meminimalisir kalau sewaktu-waktu mati elektrik tiba-tiba. Jika aliran mati, laptop masih bisa berkobar kurang lebih 2-3 jam.

10. Aturlah Kontras dan Kecerahan Layar Laptop

Menggunakan laptop dengan tingkat kecerahan yang tinggi menciptakan menjadikan kancing baterai cepat habis minus kita sadari.

Cara mengatur kecerahan layar sebenarnya mudah, Kamu belaka perlu mengejar-cari settingan display lega control panel maupun dengan menggunakan cembul keyboard hanya.

Setting lewat control panel : pilih menu start > control panel >
“Appearance and Personalization”
> display > adjust brightness > lalu atur kontras dan kecerahan layar Anda. (windows 7 professional)

Memperalat tombol keyboard : jika saya menggunakan tombol Fn+F6 cak bagi mengurangi kecerahan dan cembul Fn+F7 bagi meninggi kecerahan. (laptop toshiba)

Catatan:
Masing-masing merk laptop
(acer, samsung, hp, dell, lenovo, asus, toshiba, dan sebagainya)
dan sistem operasi itu sendiri memiliki kurnia yuridiksi display berbeda-beda. Silahkan Sira cari sesuai dengan yuridiksi di laptop Anda.


11. Perbaruilah!

upgrade sistem operasi dan hardware baterai

Sebagian besar perusahaan berkelanjutan mencari kaidah-pendirian bikin meningkatkan tahun pakai baterai melalui restorasi perangkat sabar.

Mengupgrade perangkat sabar (sistem operasi) memungkinkan perpanjangan periode pakai aki Sira. Untuk itu, disarankan bakal menggunakan gawai lunak terbaru yang diinstal plong laptop Anda.

Selain dari sisi software, baterai itu sendiri lagi perlu diperbarui. jika masa pakai sudah lalu lama, itu sudah lalu saatnya Sira membeli dengan nan bau kencur.

Teristiadat Anda ketahui juga, umumnya sebuah lampu senter yang sudah dirawat dengan baik dapat bekerja secara optimal sampai 300 mana tahu siklus full charge dan discharge.

Belilah baterai pengubah jikalau baterai original Anda mutakadim enggak berkreasi dengan baik. Tandanya, daya baterai tidak tahan lama meski sudah dilakukan kalibrasi sebelumnya.

Sadar, beli lah nan original support laptop Anda lain bajakan. Lampu senter bajakan biasanya kian ringan berpunca yang asli.

Garitan:

Ketika Sira beli yang baru, jangan buang baterai laptop lama Ia di lembah sampah karena dapat mencemari lingkungan. Baterai itu sepatutnya ada dapat didaur ulang/dikumpulkan lakukan dibuang ditempat yang kesepakatan melangkaui program-programa yang cak semau di daerah tingkat Anda.

12. Bersihkan Baterai Laptop dengan Lap Kersang

Sebenarnya aki laptop Anda pasti terkena debu dan kotoran minus Anda sadari. Debu-duli ini bisa membuat konektor metal baterai menjadi korosi/berkarat. Bersihkan kepingan asfar baterai secara rutin minimum 1-2 bulan sekali.

Penutup

Lantas, sudahkah Anda merawat baterai laptop Anda dengan baik? Semoga saja artikel cara merawat baterai laptop agar awet ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Cara Merawat Baterai Laptop Asus

Source: https://www.golepi.com/2017/06/cara-merawat-baterai-laptop-agar-awet-tahan-lama.html

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …