Cara Mengukir Sabun Sederhana


Unduh PDF


Unduh PDF

Menatah sabun batangan mudah sekali bagi dilakukan, baik oleh anak-anak atau orang dewasa. Incaran sabun cuci memang cukup lembut sehingga Anda bisa memperalat pisau tajam alias benda rumah tangga bukan sebagaimana sendok, garpu, dan tusuk gigi lakukan membuat desainnya. Selain itu, sabun cuci batangan sekali lagi banyak cawis di pasaran dan dapat dibentuk menjadi desain serumit nan Sira kehendaki. Bagi membuat ukiran sabun, Anda hanya membutuhkan sabun batangan batangan dan alat untuk mengukirkan desain, kemudian membersihkan residu serpihannya.

  1. 1

    Pilih keseleo satu sabun batangan.
    Sabun batangan segala apa pun boleh digunakan. Semakin gigih sabun, semakin sulit kerjakan diukir. Cuma, sabun cair yang lunak juga lebih mudah lebur. Sabun cuci berbentuk persegi tingkatan akan makin mudah dipotong oleh pemula daripada sabun cair yang buntar. Pilihlah rona sabun sesuai selera Anda dan sesuai ide proyeknya.[1]

    • Sabun colek murah adalah saringan nan bagus cak bagi membiasakan.
  2. 2

    Ambil pisau.
    Bayung atau pisau pengupas cocok bagi mengukir sabun cuci menjadi bentuk dasar desain. Sabun bubuk batangan rata-rata layak lembut sehingga anak-anak dapat menunggangi pisau mentega, pisau plastik, sendok, justru stik es krim. Lakukan karya yang lebih detail, gunakan pisau yang lebih kecil, seperti pisau lakukan kerajinan atau alat pengubah lainnya semacam tusuk sate ataupun pancung gigi.[2]

  3. 3

    Tutupi area kerja.
    Alasi distrik kerja tempat Ia akan mengukir dengan lembaran koran. Sesudah selesai, Beliau boleh dengan mudah menyalut semua serpihan sabun batangan dengan surat kabar dan membuangnya. Pilihan lain yaitu menaruh mangkuk (nampan) di atas sabun cuci selagi Anda menatah.

    Iklan

Baca :   Simulasi Bca Finance Mobil Bekas
  1. 1

    Tentukan tema.
    Engkau bisa membuat ukiran apa pun pada sabun. Serimala berpengalaman bisa membuat rente dan sato dengan detail yang asing biasa. Kerjakan pemula, membeda-bedakan bentuk nan tidak pelik, seperti kambar-kura, ikan, atau bentuk hati. Pola ini sepakat dengan rang sabun batangan batangan dan tidak membutuhkan pekerjaan yang terlalu detail.

  2. 2

    Kikis merek sabun cair.
    Biasanya ada lambang bunyi yang tercantum pada permukaan sabun batangan batangan. Untuk menghilangkannya, siram sabun colek dengan air suam nan mengalir. Air hangat akan membuat sabun batangan menjadi kian sabar, sehingga Anda boleh mengikis saduran permukaan sabun batangan dengan bunga karang ataupun pisau. Asah sabun hingga permukaannya rata dan lembut.[3]

    • Jika Kamu enggak keberatan abc-leter merek tersisa pada desain atau di putaran belakang ukiran nanti, lewatkan doang awalan ini.
  3. 3

    Gambarkan garis bentuk.
    Anda bisa menggunakan pensil lakukan membuat kontur, atau bikin goresan sreg sabun menggunakan pisau, tusuk sate, ataupun tusuk persneling. Garis luar dasar ini akan menunjukkan putaran mana yang harus dibuang.[4]

  4. 4

    Iris bagian terluar.
    Anda boleh mericis bagian ini secara rawak, semata-mata sabun cuci bisa menjadi remuk jikalau Sira berkarya plus cepat. Buang tepian sabun, berangkat berasal satu tesmak. Iris sampai ke garis susuk agar sabun cair mulai menyerupai bentuk dasar desain.[5]

    • Pegang pisau sebagai halnya momen Kamu hendak kecam kentang, yaitu dengan menjepitnya di antara jemari dan jempol dahulu menyusurkan pisau ke sepanjang sabun bubuk.
  5. 5

    Garap penggalan detail.
    Sreg tutul ini, silih alat kerja dengan pisau berujung runcing, tusuk sate, cukit plastik, tusuk gigi, atau peranti tajam bukan nan sesuai. Kerjakan dari bagian tengah sabun dan seret gawai untuk mengikir detail kecil seperti mata, mole, atau mahkota rente.[6]

  6. 6

    Poles sabun bubuk.
    Gunakan jari maupun tuala kertas dengan lever-hati bikin membuang serutan sabun bubuk nan tertinggal lega bagian meres. Jangan bersisa menekan sabun. Sabun akan menjadi repas jika Sira menambahkan banyak detail. Basahi jari dan kilir permukaan sabun untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih lumat. Seandainya Engkau mengerjakan langkah ini, diamkan sabun selama sehari sampai gersang.

    Iklan

Baca :   Cedera Otot Paha Belakang
  1. 1

    Gunakan sabun yang wangi.
    Setelah mendapatkan sabun colek yang wangi, tingkatkan daya kreasi Anda. Lakukan sabun dengan wangi nanas misalnya, ukir sabun menjadi berbentuk nanas. Ini adalah prinsip tercecer cak bagi berlatih menatah, dan desainnya akan menunjukkan dengan jelas diversifikasi sabun batangan yang Sira miliki.

  2. 2

    Ukir bunga dengan beberapa lapis mahkota.
    Alih-alih doang membuat rancangan balok nan sederhana, ukir karya yang detail buat desain yang lebih rumit. Untuk membuat relief bunga tiga matra, gunakan peralatan ukir yang mencolok. Buat bagian tengah anakan sampai-sampai silam di tengah-perdua sabun colek, kemudian ukir sabun colek semenjak arah n domestik ke luar, dengan takhlik lapian-lapisan mahkota bunga yang tipis.[7]

  3. 3

    Bikin profil sebuah karakter.
    Walaupun Anda bisa mencukil bentuk tubuh karakter tersebut secara keseluruhan, Dia pun dapat membuat penggalan kepala dan tubuh atasnya semata-mata. Sama dengan bunga, jangan mulai mencukil dengan merincik berbunga pinggir sabun cair. Sebaliknya, mulailah bersumber bagian tengah dan bagi kontur. Anda bisa kerik lapisan permukaan sabun colek di luar garis untuk mewujudkan profilnya menjadi lebih tegas. Ukir adegan detail dengan alat yang tajam.[8]

    • Karena wajah dan jasmani bagian atas ini besar, Engkau bisa menekankan ciri khas si karakter dengan detail nan lebih tepat, seperti garis rambut, bibir, dan pakaian.

    Iklan

  • Perbaiki retakan kecil dan tambalan kasar dengan tusuk persneling lakukan merapikan area tersebut, kemudian haluskan dengan jari.
  • Jangan buang sisa serutan sabun. Simpan bagi membuat sabun bubuk cair.
  • Untuk pemula, memperbedakan sabun cuci batangan yang tidak terlalu keras. Ada beraneka ragam merek dan corak sabun di kodian yang bisa Anda coba.
  • Gunakan sabun batangan nan masih bau kencur, jangan yang sudah lama dan sangar. Sabun colek yang sudah kering akan bertambah rapuh.
  • Jika ini adalah pengalaman pertama Ia, saya menyarankan bakal memperalat sabun cair batangan ekstra untuk berlatih memotong dan mewujudkan sebelum Anda benar-bermartabat mulai mencukil sesuai desain.
Baca :   Bunga Krisan Dalam Pot

Iklan

Peringatan

  • Ukir sabun dengan perlahan dan lever-hati. Arahkan bagian pisau yang tajam menjarang dari jasad Kamu.
  • Hati-hati jangan sampai serutan sabun ditelan anak mungil.
  • Anak-anak harus camar dipantau detik mengukir sabun.

Iklan

Situasi yang Sira Butuhkan

  • Sabun batangan
  • Mangkuk atau buletin
  • Pisau ukir atau radas serupa
  • Pisau yang jirus alias instrumen tak cak bagi fragmen yang kian detail

Tentang wikiHow ini

Pelataran ini sudah lalu diakses sebanyak 141.657 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Cara Mengukir Sabun Sederhana

Source: https://id.wikihow.com/Mengukir-Sabun

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …