Cara Mengobati Lecet Pada Lubang Dubur Bayi



  • Home



  • Info Sehat

  • Cara Tepat dan Efektif Menyembuhkan Lecet pada Bokong Jabang bayi

Mengobati luka lecet lega bokong jabang bayi, khususnya di dubur, pasca murus atau susah BAB tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Selain areanya yang lebih musykil dijangkau, orang tua juga takut bahwa tindakannya akan membuat luka makin parah.

Luka betok pada bokong jabang bayi biasanya disebabkan oleh popok. Cak semau nan melecur karena popoknya berat diganti, gesekan terhadap bebat bayi, ataupun tidak setuju dengan bahan popok.

Selain itu, boleh juga disebabkan oleh kelembapan yang berlebihan, reaksi alergi terhadap makanan, serta infeksi bakteri atau jamur.

Menyembuhkan lecet pada bokong orok menjadi semakin sukar mengingat indra peraba si Kecil yang sensitif dan mudah alergi.

Artikel lainnya: Kondisi Indra peraba Kanak-kanak anyir Baru Lahir dan Artinya bagi Kebugaran

Lalu, harus bagaimana? Enggak mesti bingung. Berikut ini tips yang boleh ayah bunda terapkan sebagai
mandu mengobati lecet puas bokong bayi:

1. Silih Popok Kian Sering

Mengganti bedung lebih sering yaitu peristiwa pertama yang wajib dilakukan momen anak mengalami luka lecet di bokong – baik itu akibat diare atau bedong.

Faktanya, bedung basah yang terus bergesekan dengan alat peraba pantat nan mudah lembap akan memicu munculnya melecur. Ampas anak kembali sifatnya asam sehingga menembakkan iritasi.

Maka dari itu karena itu, bertambah baik ganti popok anak setiap 3-4 jam sekali. Pastikan bebat bayi bersih yang dipakai ukurannya tidak kesempitan atau bersisa ketat.

2. Gunakan Popok Sekali Pakai

Sentral serap popok kain bertambah invalid daripada bedong sekali pakai. Sejauh luka lecet di dubur orok belum sembuh, suka-suka baiknya anak menggunakan popok sekali pakai nan muslihat serapnya tinggi dan lebih cepat kering.

Baca :   Buah Belim Penurun Darah Tinggi

Jangan lupa bikin kerap mengecek popoknya setiap 2 jam sekali. Jika basah maupun lembap, segera ganti dengan yang yunior.

Artikel lainnya: Penyebab dan Cara Atasi Ruam di Leher Bayi

3. Pelihara Bokong Bayi Tetap Sejati dan Kersang

Sosok lanjut usia tak boleh mengikhlaskan pantat orok basah terlalu lama. Ini merupakan salah satu mandu utama dalam menyembuhkan lecet puas bokong orok.

Pasalnya, jikalau dibiarkan basah dalam periode yang lama, dapat meningkatkan risiko infeksi jamur, terutama serat
Candida albicans.

Sekiranya hingga terjadi, dubur akan terasa merenyam dan jejas lecetnya akan semakin parah. Biasanya bayi nan mengalami betok akibat jamur akan menjadi makin rewel karena galak nan dirasakannya.

4. Oleskan Salep Petroleum Jelly ataupun Zinc Oxide

Utama untuk diingat bahwa ayah bunda harus membasuh tangan dengan air berputar dan sabun sebelum menerangkan pantat bayi, baik ketika sedang luka ataupun tidak.

Sehabis tangan sejati, ayah bunda bisa oleskan salep berbahan dasar
petroleum jelly
atau
zinc oxide
secukupnya. Keduanya dapat menjadi cara memulihkan luka lecet sreg bokong bayi.

Baik
petroleum jelly
maupun
zinc oxide
gemuk menciptakan saduran yang mencagar dubur (barrier) bayi nan terluka dan mengasihkan persepsi lumat.

Artikel lainnya: Terbukti Efektif, Ini Cara Memulihkan Suleten pada Bayi

5. Hindari Produk Beralkohol

Karena ingin bertambah pendek, banyak sosok tua nan menjernihkan bokong bayi dengan tisu basah.

Sebaiknya, minimalkan penggunaan tisu basah karena mengandung incaran-bahan kimia dan lagi biasanya memiliki alkohol. Tisu basah beralkohol hanya akan semakin mengiritasi.

Bersihkanlah pantat bayi dengan kapas yang dibasahi. Sehabis dibersihkan dengan halus, keringkan bokongnya dengan handuk. Hindari menggosok, melainkan ditepuk-tampar secara perlahan.

Baca :   Cara Menghilangkan Bekas Air Susu Di Pipi

Orang wreda harus memastikan bahwa provinsi nan betok telah bersih dan kering optimal sebelum mengoleskan salep dan memakaikan popok.

6. Hindari Pemberian Bedak Tabur

Untuk mengobati luka lecet pada dubur bayi, prinsip yang suatu ini perlu diperhatikan. Ya, hindarilah anugerah bedak tabur!

Sayangnya, anugerah perona pipi tabur kadang masih demen dilakukan. Anggapannya, kewedanan nan diberikan bedak akan selalu kering, harum, dan terhindar terbit iritasi.

Hanya, memasrahkan bedak tabur di provinsi kelamin dan bokong justru tidak direkomendasikan oleh para ahli.

Artikel lainnya: Penyebab Jangat Orok Bentol dan Bernanah (Cenang)

7. Hindari Penggunaan Steroid

Salep yang mengandung steroid memang sakti bakal meredakan kemerahan dan galak di alat peraba. Namun, penggunaannya harus berdasarkan anjuran dan resep semenjak mantri.

Jangan sembarangan memberi salep kerjakan dubur lecet sreg orok. Bukan semua jenis kortikosteroid cocok di kulit bayi yang masih sangat sensitif. Jika dosisnya terlalu banyak karena digunakan atas rekaan koteng, indra peraba bayi bisa semakin tipis dan mudah iritasi.

  • Majemuk Masalah Kulit yang Rajin Dialami Jabang bayi
  • Apakah Tanda Lahir pada Jabang bayi Berbahaya? Cek di Sini
  • Cara Mengatasi Alergi Adem pada Bayi

Itu beliau cara mengobati lecet lega bokong orok, khususnya di fragmen dubur. Lecet di bokong bayi biasanya membaik sekitar 2-3 musim dengan melakukan tips perawatan rumahan di atas.

Bila keadaannya tidak sambang membaik dalam 3 hingga 7 periode, atau unjuk gejala demam dan gempa bumi hebat, ada baiknya sang Kecil segera dibawa ke balai pengobatan atau flat nyeri.

Jika butuh saran dan pertolongan lebih jauh tercalit peminta jejas lecet lega dubur bayi, konsultasikan kepada sinse lewat layanan Live Chat di permintaan KlikDokter.

Baca :   Macam Warna Bunga Dahlia

[RS]

Cara Mengobati Lecet Pada Lubang Dubur Bayi

Source: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3649210/cara-tepat-dan-efektif-mengobati-lecet-pada-bokong-bayi

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …