Cara Menghilangkan White Spot Pada Ikan


Unduh PDF


Unduh PDF

Problem bintik putih (white spot), yang dikenal juga dengan nama Ich, merupakan sakat nan harus dihadapi oleh para pemadat ikan tropis, baik cepat ataupun lambat. Ki kesulitan bintik putih ialah penyebab kematian iwak tertinggi dibandingkan penyakit lain. Penyakit tersebut galibnya terjadi pada ikan akuarium yang terlalu kerap berkontak dengan ikan bukan, dan juga stres nan disebabkan karena ikan tinggal di internal palung ikan, bukan umbul-umbul bebas. Ich dapat ditemukan pada ikan tropis air sia-sia ataupun air asin, dan mandu mengobatinya pun bermacam-jenis, tersidai puas ekosistem dan hamba allah bukan nan tinggal di dalam palung ikan.

  1. 1

    Pahami perbedaan ki kesulitan bintik polos sreg ikan air tawar dan iwak air asin.
    Penyakit Ich memengaruhi ikan air tawar dan ikan air laut dengan mandu yang sama, tetapi lama siklus hidup dan kaidah pengobatannya berbeda. Pada kedua keberagaman ikan, parasit protozoa akan berdekatan pada tubuh ikan agar dapat menumpang di internal siklus hidup ikan. Di bendera liar, Ich lebih lain berbahaya karena inang lebih rumit untuk ditemukan. Ketika parasit menemukan inang, parasit akan copot bersumber ikan, dan ikan gemuk pergi merenggang dan menyembuhkan lukanya. Akan tetapi, di dalam akuarium nan tertutup, benalu Ich dapat menempel pada ikan dengan mudah, sehingga boleh memperbanyak diri dan merumung inangnya, yang lama-kelamaan akan membunuh semua ikan di privat palung ikan.

    • Di air tawar, Ich dikenal bagaikan
      ichthyophthiriasis.[1]
    • Di air laut, Ich dikenal sebagai
      cryptocaryon irritans, dan sering bisa jadi tidak dapat dibedakan dengan pasilan lain nan juga menyebabkan titik ceria. Ich air laut memerlukan waktu lebih lama buat menggandakan diri, tetapi parasit tersebut hanya memiliki masa sepanjang 12 sampai 18 jam untuk menemukan inang sebelum mati, sedangkan Ich air mansukh dapat bertahan hingga 48 jam sonder inang.
  2. 2

    Pahami bahwa stres merupakan faktor nan cukup memurukkan penyakit Ich.
    Karena Ich ialah penyakit nan memadai awam, kebanyakan iwak start kebal terhadap ki aib tersebut. Akan tetapi, stres dapat mengurangi sistem keimunan ikan, dan pron bila itulah Ich menyebar dengan cepat. Stres lega ikan dapat disebabkan oleh:

    • Guru air yang tak sesuai ataupun kualitas air yang buruk.
    • Makhluk lain yang hidup di dalam akuarium.
    • Makhluk baru yang dimasukkan ke dalam akuarium.
    • Sempurna makan yang tidak baik.
    • Pengiriman alias penanganan ikan ketika dipindahkan.
    • Lingkungan flat Anda, khususnya jika rumah cenderung berisik, bantingan alias guncangan gapura, ataupun banyaknya aktivitas di sekitar palung ikan.
  3. 3

    Pelajari cara mengenali gejala Ich.
    Gejala penyakit Ich dapat dilihat plong raga iwak, dan juga dengan memantau perilaku ikan. Hal yang menandakan penyakit Ich dengan paling jelas adalah munculnya bintik salih kecil yang tertumbuk pandangan sama dengan butiran garam, dan hal tersebut yaitu alasan jelas mengapa penyakit Ich disebut bak masalah tutul jati.[2]
    The common signs and symptoms of ich are:

    • Noktah putih sreg tubuh dan insang ikan. Bintik-bintik zakiah bisa jadi pasuk bagi membentuk satu gumpalan putih. Terkadang, Ich hanya ditemukan sreg insang ikan.
    • Ikan bergerak dengan cepat dan berlebihan. Ikan mungkin akan mengurapkan tubuhnya pada tanaman atau bebatuan di dalam palung ikan secara berlebihan buat mengecualikan benalu semenjak tubuhnya, atau dapat pula karena penyakit menyebabkan iritasi lega ikan.
    • Sirip yang menciut. Kejadian nan dimaksudkan merupakan lauk sering menyusutkan siripnya, tidak membiarkannya terbuka bogok dan objektif di sisinya.[3]
    • Kesulitan kerumahtanggaan bernapas. Jika ikan megap-megap pada permukaan air ataupun menambang di damping filter akuarium, mungkin semata-mata ikan kekeringan oksigen. Ich yang menempel pada insang meruwetkan lauk lakukan menyerap oksigen dari air.
    • Kesuntukan nafsu makan. Jika ikan bukan mau makan maupun memuntahkan makanannya, kejadian tersebut mungkin pertanda bahwa iwak stres dan sakit.
    • Ikan menyendiri. Hewan galibnya bersembunyi detik merasa ngilu, dan pergantian perilaku biasanya merupakan isyarat stres atau sakit pada binatang. Ikan bisa jadi akan bersembunyi di genyot hiasan akuarium alias tidak beraktivitas dengan semangat sebagai halnya legal.
  4. 4

    Obati penyakit Ich pada momen parasit paling rentan.
    Ich hanya boleh dibasmi ketika tidak mepet plong ikan, yaitu ketika parasit nan sudah dewasa mengkhususkan diri dari kulit ikan kerjakan menggandakan diri, sehingga akan terbentuk makin banyak parasit yang akan menyerang iwak. Pron bila parasit menempel pada ikan, parasit terlindung dari zat kimia, dan pengobatan yang Anda lakukan tidak akan efektif. Berikut sejumlah tahap siklus hidup Ich:

    • Tahap trophont: Plong tahap ini, parasit Ich terlihat pada bodi ikan. Parasit akan bersembunyi di bawah rahak lauk dan membentuk kista yang dapat melindunginya dari zat kimia, sehingga terapi tidak akan efektif. Pada akuarium yang bersuhu 24 hingga 27 ºC, tahap
      trophont
      atau tahap makan cak bagi parasit akan bertahan sepanjang bilang waktu, kemudian kista akan masak dan terlepas dari tubuh ikan.
    • Tahap tomont atau tomite: Pada tahap ini, Ich masih dapat diobati. Pasilan atau
      tomont
      akan mengambang selama beberapa jam di dalam air setakat menempel pada pohon atau permukaan lainnya. Sehabis
      tomont
      berpasangan plong sesuatu, proses pembelahan atau penggandaan akan dimulai dan berjalan dengan cepat di dalam kista. Dalam beberapa periode, kista akan pecah, dan organisme-organisme baru akan keluar dan mengejar inang yunior.
      Tomont
      air mansukh dapat menggandakan diri paling cepat dalam 8 jam, sementara itu
      tomont
      air laut boleh jadi memerlukan waktu 3 hingga 28 tahun untuk menggandakan diri.
    • Tahap thermont atau swarmer: Parasit air tawar lega tahap
      swarmer
      harus menemukan inang atau lauk dalam waktu 48 jam, ataupun pasilan akan mati, sedangkan parasit air laut plong tahap
      swarmer
      hanya n kepunyaan waktu selama 12 sampai 18 jam bikin menemukan inang. Karena itu, salah satu mandu terbaik bakal memastikan bahwa akuarium safi dari penyakit Ich adalah dengan membiarkannya tanpa makhluk nasib selama satu atau dua minggu.
  5. 5

    Pantau temperatur palung ikan.
    Suhu tataran mengerapkan siklus kehidupan benalu. Palung ikan bersuhu jenjang menyebabkan parasit dapat menyelesaikan siklus hidup dalam bilang musim, padahal internal akuarium bersuhu rendah, siklus hidup parasit mungkin memakan tahun hingga berminggu-pekan.

    • Jangan pernah meningkatkan hawa palung ikan secara drastis. Situasi tersebut akan menyebabkan stres sreg iwak, dan beberapa ikan tak berada bertahan di n domestik guru tinggi.
    • Kebanyakan temperatur tropis dapat bertahan pada suhu 30 ºC. Pastikan bahwa Anda menanya kepada pandai ikan tropis atau pelajarilah tentang ikan Kamu cak bagi menemukan batas suhu yang aman lakukan ikan Beliau.

    Iklan

Baca :   Beda Bunga Aster Dan Krisan
  1. 1

    Tingkatkan suhu air hingga mencapai 30 ºC.
    Tingkatkan suhu air sebanyak 1 ºC setiap jam setakat sampai ke 30 ºC. Biarkan akuarium congah pada hawa tersebut selama 10 hari alias lebih. Suhu pangkat memacu siklus sukma Ich dan mencegah
    tomont
    menggandakan diri.

    • Pastikan justru lewat bahwa iwak lain di privat akuarium bisa bertahan pada suhu nan lebih jenjang.
    • Jika ikan dapat bersiteguh sreg suhu di atas 30 ºC, tingkatkan suhu air hingga mencapai 32 ºC selama 3 hingga 4 masa, kemudian turunkan master menjadi 30 ºC selama 10 hari.
    • Pastikan bahwa akuarium memiliki pas oksigen ataupun aerasi karena air mengandung makin sedikit oksigen pada guru strata.
    • Pada saat yang sekufu, Anda boleh memasukkan garam atau pengasosiasi ke internal air setiap hari.
    • Pastikan gegares bahwa ikan dapat bertahan pada suhu yang meningkat. Pantau reaksi iwak terhadap suhu akuarium yang perlahan meningkat, atau bacalah kenyataan tentang batas suhu teratas lakukan ikan Anda.
  2. 2

    Tingkatkan jumlah oksigen maupun aerasi di dalam akuarium untuk meningkatkan sistem kekebalan ikan dan kualitas kehidupannya.
    Karena Ich menghalangi kemampuan ikan cak bagi bernapas dan menyerap oksigen, meningkatkan aerasi boleh membantu meningkatkan sistem kekebalan ikan dan membantunya agar enggak sirep kekurangan napas. Suka-suka beberapa cara untuk meningkatkan jumlah oksigen di dalam palung ikan:

    • Kurangi tinggi air, sehingga ketika air nan telah disaring mencapai permukaan, oksigen yang dibuat akan lebih banyak.
    • Masukkan lebih banyak provokasi peledak (airstone) ke privat palung ikan, atau letakkan batu udara makin sanding ke parasan air.
    • Gunakan cakram gelembung bikin menghasilkan arus gelembung yang makin besar.[4]
    • Gunakan
      powerhead, nan selain meningkatkan jumlah oksigen, juga berfungsi untuk meningkatkan pergerakan air di n domestik tangki.[5]

    Iklan

Baca :   Did We Love Sub Indo
  1. 1

    Gunakan garam akuarium pada palung ikan air tawar.
    Larutkan 1 sendok teh garam palung ikan untuk setiap 4 liter air akuarium, dan pastikan bahwa Ia melarutkannya menunggangi air palung ikan, doang secara terpisah, kemudian tambahkan campuran air ke n domestik palung ikan. Biarkan garam di n domestik palung ikan air mansukh selama 10 tahun. Garam mengganggu kecocokan Ich terhadap air, dan juga membantu meluaskan rahak secara alami pada lauk lakukan melindunginya dari parasit Ich. Campurkan garam dengan air lega suhu panas bakal membasmi Ich secara efektif.

    • Gunakan garam akuarium nan dibuat khusus buat ikan, enggak garam meja yang bukan mengandung iodin.
    • Jangan pernah menggunakan obat-obatan lain bersama garam dan hawa panas karena garam dan obat dapat bereaksi terhadap satu sama lain dan mengikat oksigen di dalam akuarium.
    • Silih 25% air akuarium setiap beberapa hari, dan tambahkan garam sebanyak jumlah air yang diganti. Akan tetapi, jikalau pengobatan telah selesai, lakukan penggantian sebagian air, sahaja jangan menambahkan garam lagi.[6]
  2. 2

    Lakukan penggantian air sebanyak 25% setiap hari.
    Dengan menukar sebagian air setiap hari, sebagian
    trophont
    dan
    tomite
    dapat dibuang dari dalam akuarium, dan kembali menambahkan kadar oksigen air. Pastikan bahwa air telah melintasi proses pengkhitanan zat ilmu pisah, sehingga peranakan klorin berlebih tidak akan menyebabkan stres pada ikan atau memperparah jejas iwak.

    • Jika penggantian air menyebabkan stres pada ikan, kurangi jumlah air atau kekerapan penggantian air.

    Iklan

  1. 1

    Gunakan obat-obatan bagi membasmi Ich dari akuarium.
    Banyak produk obat yang terhidang di toko hewan ternak terdekat yang berfaedah untuk mengobati Ich. Pastikan bahwa Dia selalu mengikuti instruksi yang ditempelkan pada kemasan obat, terutama bagi dosis yang tepat dan mengetahui apakah obat aman digunakan kerjakan tipe peliharaan Kamu, khususnya jika Ia memelihara invertebrata seperti kerang, benur, dan kijing.

    • Pastikan bahwa Anda selalu mengganti air dan menganjur kerikil sebelum menunggangi pengasosiasi. Pelamar penghancur Ich akan makin efektif sekiranya akuarium bersih dan enggak mengandung zat-zat organik atau nitrat larut yang menghambat proses penghancuran.
    • Pastikan bahwa Sira melepaskan karbon pecah filter karena karbonium dapat menetralkan ataupun menghalangi peminta yang dimasukkan ke dalam akuarium.
  2. 2

    Gunakan tembaga kerjakan mengobati ikan air laut yang menderita komplikasi Ich.
    Karena fase
    tomite
    lega Ich air laut berjalan lebih lama, umumnya tembaga dimasukkan ke n domestik palung ikan selama 14 sebatas 25 musim, dan tembaga menggagalkan Ich dengan mandu yang mirip dengan garam. Akan tetapi, seandainya Anda memperalat garam, Anda harus memasukkan tembaga dengan dosis nan betul-betul tepat, kemudian memeriksa takdir tembaga di privat akuarium dengan rutin menggunakan alat penguji ion tembaga.[7]

    • Pastikan bahwa Anda selalu mengikuti instruksi pada paket produk.
    • Lepaskan karbon dari pengayak karena karbon dapat menetralkan atau menghambat obat yang dimasukkan ke dalam akuarium.
    • Tembaga bergabung dengan rayuan, kersik halus, atau kerikil berbahan radiks zat kapur bikarbonat maupun magnesium bikarbonat, jadi pastikan bahwa Kamu sekadar menggunakan tembaga di dalam akuarium kosong.
    • Tembaga sangat berbahaya kerjakan invertebrata, karang, dan tanaman. Pisahkan invertebrata, karang, dan tanaman, terlampau obati tiga-tiganya menggunakan cara lain yang kerukunan untuk digunakan.
  3. 3

    Gunakan kimia abadi untuk memusnahkan Ich air laut.
    Cara-cara berikut bisa dibilang ialah pilihan lain yang berbahaya dalam membasmi Ich. Beberapa cara tersebut siapa akan melukai lauk dan harus dipantau secara rutin agar tingkat kimia tak mencapai titik nan membahayakan dan menjagal ikan. Pastikan bahwa Anda cak acap membaca label plong kemasan obat-obatan kimia berikut, dan kenakan pelindung sebagai halnya sarung tangan dan beling mata ketika menggunakannya. Berikut beberapa obat yang bisa digunakan:

    • Malachite green:
      Mirip dengan kemoterapi plong bani adam,
      malachite green
      merungkah kemampuan semua terungku bakal memproduksi energi yang signifikan dalam proses metabolisme. Zat kimia tersebut tidak membebaskan hotel prodeo lauk dan sel parasit Ich.
    • Formalin:
      Formalin memenggal mikroorganisme dengan bereaksi terhadap zat putih telur dan asam nukleat sel, nan biasanya mengubah maslahat dan struktur terungku nan camar kali digunakan buat menjaga percontoh biologis. Formalin dapat negatif sistem filter, menguras bilangan oksigen, dan membunuh invertebrata ataupun lauk nan lebih lemah.

    Iklan

Baca :   Pola Rajut Bunga Mawar
  1. 1

    Jangan pernah membeli iwak dari palung ikan yang di dalamnya terwalak ikan dengan gejala problem Ich.
    Sebelum membeli ikan bagi memuati akuarium Anda, akan sangat baik jika Engkau melihat apakah ada ikan di dalam toko yang menunjukkan ciri-ciri terserang penyakit Ich. Bahkan jika iwak yang Anda inginkan tidak menunjukkan jenama-stempel terserang Ich, ikan tersebut bisa saja terjangkit parasit Ich dan kali akan membawanya ke akuarium Beliau.

    • Bilang ikan punya sistem imunitas tubuh yang suntuk baik dan mungkin akan berlaku sebagai pembawa komplikasi. Dengan adanya lauk nan membawa benalu Ich, Ia akan membawa benalu Ich sreg makhluk-sosok nan sebelumnya memang sudah hidup di kerumahtanggaan akuarium Engkau, yang mungkin saja n kepunyaan atau enggak memiliki sistem kekebalan sekuat ikan baru Anda yang mengidungkan benalu Ich tersebut.
  2. 2

    Masukkan ikan baru ke n domestik akuarium karantina selama 14 hingga 21 hari.
    Persiapkan palung ikan baru nan berukuran lebih boncel mudah-mudahan Ia bisa memantau tanda-tanda penyakit Ich pada ikan baru. Jika penyakit terlihat, pengobatan boleh dilakukan dengan kian mudah, tetapi pastikan bahwa Ia mengobatinya dengan cara yang arketipe. Jangan menyangka bahwa akuarium berukuran kecil signifikan Engkau dapat mengurangi pengobatan.

    • Ketika Anda menambahkan ikan baru ke n domestik akuarium karantina atau akuarium tak, jangan pernah menambahkan air dari akuarium sebelumnya. Dengan begini, Beliau dapat mengurangi kemungkinan berpindahnya
      tomite
      ke akuarium mentah.
  3. 3

    Gunakan kisa yang berbeda untuk setiap palung ikan.
    Dengan begini, Sira dapat mencegah penyiaran penyakit ke akuarium enggak. Separas sebagai halnya halnya serok, gunakan spons dan gawai pembersih yang berbeda bagi setiap tangki.

    • Jikalau Anda bukan gemuk membeli beberapa jaring, bunga karang, dan perkakas pembersih lainnya, biarkan setiap alat sebatas serius cengkar sebelum Kamu menggunakannya puas palung ikan lain. Ich tidak dapat bersikukuh roh pada mileu nan kering.
  4. 4

    Belilah pokok kayu bermula akuarium nan enggak ditinggali makanya ikan.
    Pohon yang tinggal bersama ikan di dalam palung ikan mengapalkan bertambah banyak ki aib ketimbang tanaman yang dibiarkan tumbuh dan dijual secara terpisah. Sebagai pilihan lain, Anda boleh menampungnya di dalam akuarium karantina selama 10 hari sonder ikan di dalamnya, lalu berikan obat pembasmi Ich untuk memastikan bahwa tanaman tidak terinfeksi.

    Iklan

  • Ganti atau keluarkan kersik halus, kelikir, provokasi, dan riasan lain semenjak dalam akuarium ketika Anda mengobati Ich. Ich cenderung rapat sreg permukaan sesuatu bakal menggandakan diri. Cuci dan keringkan benda-benda tersebut cak bagi memberantas hal-hal yang dapat menyebabkan Ich.
  • Selepas penyembuhan atau penggunaan garam telah selesai dan tanda-tanda Ich telah hilang, gantilah air secara perlahan sampai Kamu berpengharapan bahwa pengasosiasi-obatan yang digunakan hilang terbit dalam air. Kontak terhadap zat kimia yang terlalu lama dapat menyebabkan stres dan membahayakan ikan.

Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 254.786 mana tahu.

Apakah kata sandang ini membantu Dia?

Cara Menghilangkan White Spot Pada Ikan

Source: https://id.wikihow.com/Mengobati-Penyakit-Bintik-Putih-(Ich)-pada-Ikan-Tropis

Check Also

Gambar Bunga Dan Bagian Bagiannya Serta Fungsinya

Gambar Bunga Dan Bagian Bagiannya Serta Fungsinya Fragmen-Bagian Bunga & Fungsinya – Sama dengan yang …