Keelokan warna rente mawar membuat banyak sosok tertarik bagi menanamnya di pelataran rumah. Terlebih di Indonesia sendiri, bibit bunga mawar patut mudah ditemukan. Ada dua metode tanam yang stereotip dilakukan, yaitu cara menanam anakan mawar berpangkal biji dan cara mengebumikan bunga mawar dengan stek kunarpa. Dari kedua metode tersebut, menanam mawar dengan setek bangkai lebih mudah dilakukan karena nggak melalui proses perendaman biji dan menyemainya.

Bakal mempercepat proses tanam bunga mawar, berikut
Hipwee
bagikan tips rahasia bagi menguburkan bunga mawar nan paling mudah. Prinsip menguburkan bunga mawar yang efektif adalah dengan memanfaatkan pongkol kentang sebagai kendaraan tanam awalnya. Supaya terkesan nggak masuk akal busuk, nyatanya cara ini dapat membuat mawar tumbuh subur dan cepat berpangkal.

1. Seperti prinsip menanam bunga mawar di kapling pada umumnya, hal permulaan ialah menyiagakan batang mawar terlebih habis

batang ros | credit: churchofhive

Karena kepingin ditanam menggunakan setek kunarpa, maka kamu tak perlu membeli biji bunga mawar sebagai bibitnya. Memadai siapkan satu atau beberapa nanyan rente mawar nan masih sabar dan diambil semenjak pertumbuhan baru. Potong buntang pada tesmak 45 derajat dengan panjang 15 sampai 20 cm. Lepaskan semua daun kecuali dua patera di batang teratas. Sisihkan sementara dan taruh dalam gelas berisi air.

2. Siapkan kembali umbi ubi belanda sebagai media tanam awalnya

siapkan kentang | credit: mak-nyus-u

Mengutip laman Boredom Therapy, ubi belanda adalah salah suatu tumbuhan pangkal pohon nan n kepunyaan pasokan air patut banyak sehingga dapat dimanfaatkan buat menyokong pertumbuhan akar setek batang mawar. Dengan menancapkan setek buntang pada kentang, tunas mawar bisa tumbuh bertambah cepat dan berlimpah daunnya.

Baca :   Pola Strimin Bunga Kecil

Namun bukan semua kentang boleh digunakan dalam menunjang cara menanam anakan mawar moga cepat berbunga. Sekadar kentang nan punya bilangan air tinggilah yang dapat digunakan, misalnya belaka kentang nirmala dan kentang bangkang. Kaprikornus, pastikan anda memintal kentang nan bermartabat hendaknya proses penanaman awal nggak mansukh sejenis itu cuma.

3. Berikut cara stek rente mawar corak warni dengan media kentang

tanam pakai ubi benggala | credit: Boredom Therapy

Karena adalah langkah awal biar mawar cepat bermula, maka metodenya dekat seimbang dengan prinsip menanam anakan mawar dari batangnya. Bedanya nggak ditancapkan di kapling, melainkan puas umbi kentang. Begini langkahnya:

  1. Lubangi ubi belanda dengan menggunakan obeng atau mata bor yang ukurannya sedikit makin kecil ketimbang kaliber layon mawar.
  2. Celup ujung layon ros ke privat hormon pertumbuhan akar, lalu tancapkan ke kerumahtanggaan kentang, tapi jangan didorong setakat suntuk.
  3. Selepas selesai, injeksi air secara periodik hingga tiba bertaruk tunas baru di episode batangnya.

4. Tanamlah kentang berisi setek batang ros di tanah pekarangan nan lebih luas layaknya cara menanam bunga mawar di jambang pada umumnya

tanam ubi benggala dan setek batang | credit: The Spruce

Karena fungsi ubi belanda hanyalah untuk menjaga kesuburan dan memburu-buru pertumbuhan tunas, maka setelah tumbuh ubi belanda beserta setek bangkai teristiadat dipindahkan ke lahan yang kian luas. Tujuannya agar akar tunjang mawar dapat makin menular. Setimbang dengan mandu menanam bunga mawar dari mani, cukup benamkan kentang berisi setek batang mawar ke kerumahtanggaan tanah dengan kedalaman 3 inci. Usahakan jangan terlalu dalam supaya akar mawar bisa berkembang.

5. Lakukan pelestarian rutin sebagaimana prinsip menguburkan anakan mawar dengan baik dan bermartabat

perawatan mawar | credit: gardeningknowhow

Siramlah ros sesuai kebutuhan. Jangan bersisa banyak moga airnya nggak menggenang dan membusukkan akarnya. Pastikan kamu pun rajin memangkas daun dan rantingnya. Karena jika terserah patera dan ranting yang busuk atau kersang, maka akan menyebar ke bagian lainnya.

Baca :   Cara Bikin Obat Kuat Dari Semangka

Mandu memotongnya juga harus hati-hati, ya! Gunakan gunting bersih dan tusuk lurus agar tak menimbulkan kebusukan lainnya. Jangan lupa, setiap satu bulan sekali tanaman mawar pun mesti diberi pupuk dan semprotan hawa kiranya tumbuh berkecukupan dan cantik.

6. Untuk berjaga-asuh, siapkan penyangga kali rente mawarmu tumbuh merambat

serah penyangga | credit: Дмитрий Хрусталев-Григорьев

Walau tak semua mawar tumbuh merambat, sahaja ada baiknya jika dia berjaga-jaga. Semakin tinggi mawar, biasanya bertambah letoi juga batangnya. Maka dari itu biar nggak gampang rantas, buatlah penyangga dengan memperalat batang aur maupun ranting tiang yang saling dikaitkan. Anggaplah salah suatu langkah dalam kaidah menanam bunga mawar rambat ini sebagai tindakan preventif kendati kamu sepantasnya menerapkan cara menanam rente mawar di jambang kecil. Daripada mawarnya ambruk, kan sering pun.

Mudah sekali bukan pendirian mengebumikan anakan ros dengan tangkainya? Takdirnya dibandingkan dengan memperalat media tanam mawar dengan sekam, prinsip ini sudah lalu pasti bertambah mudah. Selama rutin dirawat dan selalu dipangkas, ros akan terus berbunga dan subur daunnya.

Selain mawar,
Hipwee
sudah lalu perkariban membahas tentang cara menanam anakan anggrek ataupun cara menanam bunga syamsu di media persil. Selamat mengepas, ya!