Cara Buat Kipas Tangan

Cara Buat Kipas Tangan

Marilah Takhlik Kreasi Prakarya (Kerajinan Tangan) dari Stik Es Krim dan Kertas Eks: Kipas Dekoratif buat Peserta SD (Sekolah Sumber akar)

Sudah pernah mewujudkan kipas dan kertas sebelumnya kalian? Hm.. mungkin telah pernah ya. Padalah, mana tahu ini kita pun akan membuat kipas pecah daluang, cuma dengan sedikit variasi kiranya tampak kian bagus. Karena itu kita tak sahaja menggunakan kertas eks berwarna-warni, tapi pun menggunakan stik es krim. Lihatlah, bagus juga loh jikalau dipajang di dinding kelas untuk hiasan dekorasi kendati tampak kian semarak.

Oh ya, tentu ini juga dapat dijadikan kegiatan siswa dengan dipandu suhu lakukan anak-anak asuh SD (Sekolah Dasar) momen tutorial prakarya dan seni budaya. Bagaimana, cak hendak mencoba membuatnya? Yuk disimak ancang-langkah dan alat mangsa yang dibutuhkan bakal membentuk kipas tersebut.

kipas lakukan dekorasi kelas, hasta karya nan semupakat untuk anak SD

Perlengkapan dan Bahan

Berikut ini merupakan gawai-instrumen dan objek yang dibutuhkan untuk mewujudkan 3 buah kipas jeluang dan kreasi stik es krim di atas:

  1. kertas alumnus berwarna. Tapi boleh juga kok putih polos maupun bahkan alumnus majalah, ataupun kertas bekas kartu pos dan undangan.
  2. stik es krim. Satu buah kipas membutuhkan 2 batang stik es krim. Karena kita akan menciptakan menjadikan 3 biji zakar kipas, maka saya membutuhkan 6 buah stik es krim. Oh ya, jenjang stik es krim ini 11 cm. Beliau dapat memperalat stik es krim ukuran berapapun, sumber akar jangan plus ringkas saja.
  3. perekat (saya gunakan lem fox masif), dapat juga gunakan perekat UHU alias sejenisnya dengan anak kunci lekat yang abadi.
  4. pulpen
  5. mistar
  6. gunting
  7. potlot warna atau krayon
Baca :   Manfaat Teh Rosella Untuk Kecantikan
bahan utama: stik es krim dan kertas bekas berwarna untuk membuat prakarya atau kerajinan tangan kipas kecil yang cantik untuk bahan dekorasi kelas
bahan terdahulu: stik es krim dan kertas mantan berwarna

Pendirian Membentuk

Ikuti langkah-langkah cara membuat invensi kipas dari stik es krim dan kertas lepasan cak bagi dekorasi inferior ini dengan memperhatikan rangka-kerangka yang diberikan.

  • Pertama-tama tempelkan 2 buah stik es krim sreg adegan dekat ujung stik dengan lem. Buat seperti sebelah terluar sebuah kipas nan sedang terbuka. Perhatikan rang di bawah ini.
  • Biarkan beberapa saat hingga mengering dan menempel kuat.

untuk membuat prakarya kipas mungil yang cantik ini mula-mula silangkan stik es krim sedikit melebar pada salah satu ujungnya, beri lem. tunggu sampai kering beberapa saat. ingat gunakan lem yang daya lekatnya kuat. saya pakai lem fox putih
silangkan stik es krim adv minim berhanyut-hanyut pada salah satu ujungnya, beri lem
  • Langkah berikutnya yaitu menyiapkan plano. Mulailah dengan menyukat sebuah persegi panjang sreg daluang bekas seluas 7,5 cm x 20 cm. Karena saya akan takhlik 3 buah kipas, maka saya menyiagakan 3 buah kertas ukuran tersebut dengan rona nan berlainan. Gunakan pulpen, bilah dan gunting untuk keperluan ini.
untuk membuat 3 buah kipas kita memerlukan untuk siapkan 3 lembar kertas ukuran7,5 x 20 cm. masing-masing akan menjadi satu buah kipas. jadi kita akan mendapat 3 buah kipas dengan variasinya masing-masing nanti
siapkan 3 lembar kertas ukuran7,5 x 20 cm
  • Seterusnya adalah menciptakan menjadikan lipatan akordion plong kertas berdasarkan lebar daluang. Lebar lipatan sekitar 1 cm.
kita mulai dengan kertas pertama, lipat dengan lipatan akordion dengan lebar sekitar 1 cm. bisa kan melipat seperti ini?
kita mulai dengan jeluang pertama, lipat dengan tisikan akordion dengan lebar sekitar 1 cm
  • Kita kemudian harus menjatah lem sreg sisi kertas di bagian akhir-akhir lipatan.
selanjutnya beri lem setiap tepiannya untuk membuat kipas dari kertas bekas dan stik es krim
beri lem setiap tepiannya
  • Kemudian tempelkan kertas yang sudah dilipat seperti akordion itu ke stik es krim yang mutakadim disatukan pada langkah awal sebelumnya. Perhatikan rang.
langkah selanjutnya untuk membuat kipas kreasi kertas bekas dan stik es krim adalah dengan melekatkan stik es krim yang telah disilangkan dengan sisi-sisi kertas
lekatkan stik es krim yang telah disilangkan dengan jihat-arah kertas
  • Nah, ini kalau kedua sisi kertas sudah dilem ke stik es krim, jadilah kipas kita nan pertama. Bagus juga ya nan pakai plano warna merah. Oke, sekarang kita akan lanjutkan dengan kertas lainnya.
itulah kreasi pertama prakarya dari kertas bekas kita yang berbentuk kipas imut yang cantik
nah, jadinya seperti ini: kipas kertas yang cantik bukan?
  • Perhatikan, saya sudah melipat kertas biru taruna dengan lipitan akordion. Ukuran tisikan sama sekitar 1 cm lebarnya.
Baca :   Cara Mengatasi Ketombe Parah
sekarang dengan kertas kedua, juga lipat seperti akordion pada kertas kedua, kita akan memberi variasi lainnya perhatikan ya.
masa ini dengan kertas kedua, juga bekuk seperti mana akordion
  • Agar ada diversifikasi, saya kemudian menggunting ujung kertas sehingga tampak runcing-runcing. Agar bentuknya menjadi farik dengan kipas mula-mula (yang dandan abang).
untuk memberi variasi kerajinan tangan sederhana kipas dekorasi kelas ini kita akan menggunting runcing salah satu sisi lipatan. hasilnya nanti akan berbeda dengan yang pertama
gunting runcing salah satu sisi lipatan
  • Lebih lanjut, tempelkan dengan terlebih lalu membagi lem pada sebelah-sisi kertas dengan stik es krim yang sudah disiapkan. Jadinya akan seperti ini nih.
kipas yang kedua pun segera jadi dengan rekatkan dengan lem pada kedua sisinya dengan stik es krim yang telah disilangkan
rekatkan dengan lem puas kedua sisinya dengan stik es krim yang mutakadim disilangkan
  • Waktu ini kita akan mengerjakan kipas nan ketiga. Variasi yang diberikan adalah pewarnaan. Pada kertas kuning, saya serah garis bercat ungu, hijau dan layung secara mendatang sesuai panjang kertas. Tatap buram ini.
kemudian untuk membuat prakarya atau kerajinan tangan berbentuk kipas sederhana yang unik maka pada kertas yang ketiga kita beri warna dengan krayon (warna lain juga boleh)
jeluang yang ketiga kita beri warna dengan krayon (dandan lain juga dapat)
  • Setelah dilipat akordion, dan dilem ke stik es krim, maka jadilah kipas kita yang ketiga. Wah, ini bagus kan?
pada kreasi prakarya kertas bekas dan stik es krim ini lipat berbentuk akordion, lalu lekatkan dengan stik es krim yang telah disilangkan. hasilnya juga unik bukan?
lipat berbentuk akordion, lalu lekatkan dengan stik es krim yang sudah disilangkan

Demikian langkah-langkah cara membuat penciptaan stik es krim dan kertas bekas untuk menciptakan menjadikan hiasan kelas (ornamental) berbentuk kipas mini sederhana.

3 macam variasi kipas dari stik es krim dan kertas bekas yang indah, dibuat dengan cara yang sangat mudah sehingga cocok untuk prakarya atau kerajinan tangan untuk siswa SD atau anak-anak peserta didik di sekolah dasar
nah… ini dia hasilnya: 3 macam macam kipas mulai sejak stik es krim dan kertas bekas yang indah

Bagaimana? Sudah lalu bisa membuatnya? Pastinya morong.

Kamu kembali pasti bisa membuat ini:
Jadwal Cak bimbingan Hasil Reka cipta Plano Bekas
Ukiran Sabun Mandi Lembaga Lauk
Bunga Dahlia bersumber Kocek Plastik Bekas

Cara Buat Kipas Tangan

Source: http://novehasanah.blogspot.com/2016/08/kreasi-stik-es-krim-kipas-dekoratif.html

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …