Bunga Dari Kulit Bawang

Bunga Dari Kulit Bawang

Cara Membuat Hasta karya Anakan dari Kulit Bawang

Di sekitar kita suka-suka banyak bahan limbah yang ternyata seandainya diamati mengandung nilai eksotika atau keindahan tertentu. Rangka alami alat peraba bawang merah dan bawang putih misalnya, sekiranya dilihat secara seksama menunjukkan guratan-guratan dan warna yang indah. Akibatnya limbah indra peraba berambang dapat dijadikan bahan kerajinan tangan atau prakarya yang menghela. Memang sifatnya yang rapuh dan tipis sedikit menyulitkan untuk dibentuk dan dikreasikan. Akan hanya, ketika kita mampu melakukannya dengan kesabaran dan ketelatenan, maka hiasan mulia dan eksklusif seperti anak uang dalam figura sama dengan foto di asal mungkin bisa dibuat. Dan tentu namun, dan lebih banyak latihan, kualitas kerajinan tangan dari jangat dasun ini akan dapat menjadi bertambah baik dan memiliki biji jual. Sangat, bagaimanakah cara membuat hiasan dari kulit bawang sebagai halnya foto ini? Yuk disimak  tutorialnya.

pekerjaan tangan dari kulit kucai merah dan bawang ceria

Alat dan Bulan-bulanan

Lakukan membuat prakarya sederhana dari bahan limbah atau sampah kulit bawang ini, kita menggunakan perabot dan bahan nan sangat terlambat, yaitu:

  • kulit bawang merah dan bawang kalis
  • ranting sangar ukuran boncel
  • lem
  • gunting
  • pinset (kalau diperlukan)
  • media untuk menempel riil kertas (anda juga dapat menggunakan perca hitam beludru untuk hasil yang bertambah baik)
  • plano bekas warna kuning
  • spidol atau cat air atau pewarna lainnya
  • lidi cak bagi membantu mengaplikasikan lem pada selerang bawang

Cara Membuat

Adapun langkah-awalan membuat paesan dinding berbentuk bunga mulai sejak kulit bawang merah dan bawang putih merupakan andai berikut:

  • Siapkan selerang bawang putih dan bawang ahmar. Membeda-bedakan nan bersih dan ukurannya agak besar.
  • Siapkan kertas ataupun kain bikin media tempelan. Sesuaikan ukurannya dengan figura yang anda miliki seharusnya lebih praktis.
  • Bacok ranting katai (anda dapat sekali lagi menunggangi batang bawang tahir yang biasanya terletak pada kumpulan beberapa siung bawang suci) seperti Gambar 2. Atur posisinya sesuai selera dan kreatifitas anda. Bentuklah rumpun jenazah bunga dan rekatkan dengan perekat pada media tempel.
Baca :   Mbah Pri Taman Sari Nganjuk
cara membuat hiasan dinding dari kulit bawang putih dan bawang merah yang berbentuk bunga cantik
ancang sediakala menciptakan menjadikan prakarya pecah alat peraba dasun
  • Berikutnya, buatlah kelopak (mahkota) anak uang berbentuk segitiga dengan sudut-tesmak nan tumpul. Perhatikan garis-garis pada indra peraba bawang dalam menggunting alat peraba agar terlihat natural begitu juga mahkota bunga cak benar. Siapkan beberapa helai. Perhatikan Gambar 3.
  • Waktu ini, perhatikan Gambar 4. Anda harus mengaplikasikan perekat plong calon kelopak bunga dari kulit bawang ini ala kadarnya dengan menggunakan lidi. Jika kesulitan menjabat kelopak, gunakan penjepit kecil untuk menjepitnya. Lebih jauh atur posisi setiap pelupuk agar tersusun begitu juga susunan pelupuk anak uang.
cara membuat hiasan dinding dari kulit bawang putih dan bawang merah yang berbentuk bunga cantik
berangkat merangkai alat peraba bawang menjadi rente
  • Perhatikan Gambar 5, sekarang kelopak sudah tersusun dengan beres. Sekiranya diinginkan anda bisa menambahkan lapisan kelopak sehingga mempunyai bentuk kelopak rangkap. Susunlah pelupuk dari ukuran besar di bagian radiks hingga ke matra paling kecil di lapisan atas.
  • Lega Gambar 6 ditunjukkan bagaimana contoh cara membentuk putik bunga. Anda dapat memperalat kertas seperti saya. Gunakan kertas bercat kuning dengan lebar sekitar 1 cm dan panjang sekitar 5 cm (Rajah 6a). Seterusnya potong-potonglah jeluang boncel-kecil plong pelecok satu sisi panjangnya (6b). Kemudian, gulung kertas dan beri lem moga tidak longo. Potong putaran pangkal gulungan jika putik yang terbentuk bersisa tahapan untuk ukuran bunga dari kulit berambang anda. Seterusnya aplikasikan secuil perekat pada pangkal bakal buah dan tempelkan pada pusat rangkaian rente kulit bawang.
langkah-langkah membuat kerajinan tangan hiasan dinding dari kulit bawang
menyiapkan bakal buah dari jeluang
  • Kesannya akan seperti Tulangtulangan 7. Pelupuk berwarna merah dengan bakal buah berwarna asfar yakni perpaduan yang bagus tidak?
  • Tambahkan beberapa helai kulit bawang pada episode jenazah rente lainnya. Di sini saya membuatnya berbentuk seperti kuncup anak uang semata-mata. (Gambar 8). Tempelkan pada posisi-posisi yang sesuai menurut selera ia.
Baca :   Bunga Untuk Sakit Mata
langkah-langkah membuat hiasan dinding berbentuk bunga dari kulit bawang
tinggal menambahkan daun bersumber alat peraba bawang putih
  • Berikutnya kita akan menciptakan menjadikan daun. Bahannya dari kulit dan batang bawang steril. Pilihlah kulit yang ceria dan tidak kusam. Gunting seperti bentuk daun pandan (memanjang). Buat beberapa helai. Perhatikan Rangka 10 berikut.
  • Kalau sudah siap, tempelkan kulit berambang kudus ini lakukan takhlik daun (Tatap Rangka 11).
cara membuat prakarya dari limbah kulit bawang menjadi hiasan dinding
tinggal sentuhan akhir, hasta karya dari selerang bawang ini sudah menunjukkan bentuk
  • Terakhir, takdirnya diinginkan, berilah corak hijau pada daun. Saya menunggangi spidol warna bau kencur cukup umur dan hijau tua untuk ini. Anda tentu dapat menggunakan pewarna enggak seperti cat air, cat minyak, atau lebih lagi larutan pewarna lambung.
  • Jika sudah selesai, hasilnya akan tampak seperti Tulangtulangan 12.
cara membuat prakarya dari limbah kulit bawang menjadi hiasan dinding yang cantik dan unik
memberi warna bau kencur pada daun

Bagaimana? Mudah saja ternyata kerjakan membuat pekerjaan tangan riasan dinding terbit alat peraba bawang putih dan bawang merah ini, tak? Oh ya, jika anda ingin paesan dinding berbentuk bunga ini lebih awet, celupkan jangat bawang sebelumnya sreg bahan kimia anti jamur atau air gerusan kapur barus. Boleh juga, ketika kamu meledakkan riasan dinding ini dalam figura dengan kaca, selipkan beberapa granula kapur barus (naftalen) matra mungil di dalamnya.

Demikian les cara membuat prakarya atau kerajinan tangan sederhana berbentuk hiasan dinding bunga mulai sejak bahan limbah jangat dasun bersih dan bawang merah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:

Pekerjaan tangan lakukan Anak SD dan TK : Ikan berpokok Plano
Kerajinan Tangan Anak: Bangkong Lucu berpokok Kertas
Kaidah Membuat Hiasan Dinding Berbentuk Rama-rama
12 Les Cara Membuat Rente berasal Produk Alumnus, Limbah dan Sampah
Panggung Pensil dari Botol Plastik Bekas

Baca :   Bunga Bunga Langka Di Indonesia

Bunga Dari Kulit Bawang

Source: http://novehasanah.blogspot.com/2015/07/prakarya-bunga-dari-kulit-bawang.html

Check Also

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Bedak Bayi

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Bedak Bayi Sepatu yang comar dipakai, memang terkadang menyebabkan bau …