Bersantap Buah Rambutan rafiah Bikin Batuk darah, Legenda atau Fakta?

Biji zakar rambutan rafiah.

Perigi :

  • Twitter: @saudin90

VIVA – Musim hujan angin kerap diiringi dengan suburnya berbagai macam jenis tanaman, terdaftar tanaman rambutan nan banyak berbuah di berbagai provinsi di Persil Air. Tentunya, pohon yang start berbuah itu membuat mahajana pelahap kegirangan mengonsumsi rambutan.

Cuma, tak terbatas asupan buah rambutan dikaitkan dengan kondisi tenggorokan yang merenyam sebatas memicu batuk darah. Sebab, rasa buahnya yang manis dianggap menjadi motor kondisi tersebut. Benarkah demikian?

“Perian rambutan, nggak bikin galak dan batuk. Hanya bani adam-insan perasa aja kelihatannya yang batuk, tapi wajarnya enggak (batuk karena rambutan rafiah),” ujar Dokter Spesialis Nutrisi Klinis, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, dalam acara Semangat Fit tvOne, Alat pernapasan 22 Desember 2021.

Biji rambutan.

Biji rambutan jantan.

Menurutnya, batuk dan gatalnya rengkung bukan disebabkan oleh asupan buah rambutan lekang melainkan perut manis lainnya. Untuk itu, asupan buah rambutan koteng sebenarnya tak wajib dihindari.

“Lain karena makan rambutan tapi juga konsumsi sesuatu yang manis. Tidak dapat diseragamkan juga,” imbuhnya.

Ada pun, perkenalan awal mantri Marya, garis hidup gula puas satu biji kemaluan rambutan rafiah ukuran sedang kurang dari satu gram. Apabila makan secukupnya, tidak akan menambah kadar gula talenta maupun memicu batuk. Lebih-lebih, rambutan n kepunyaan keistimewaan yang baik bakal tubuh.