Apa Perbedaan Kalium Dan Kalsium

Apa Perbedaan Kalium Dan Kalsium

Walaupun namanya mirip, potasium dan kalsium adalah dua mineral yang berbeda. Kedua mineral ini mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan raga kita. Berikut adalah bilang perbedaan kalium dan zat kapur yang perlu Anda ketahui.

Mengenal perbedaan potasium dan kalsium

Bikin mengetahui selanjutnya seputar perbedaan kalium dan zat kapur, silakan kita kenali faedah kedua mineral ini apalagi adv amat.

Barang apa itu kalium?




Perbedaan kalium dan kalsium yang sangat penting untuk diketahui

Kalium memiliki jenama lain potassium

Kalium merupakan mineral ketiga paling banyak di n domestik tubuh kita. Mineral ini membantu jasad bakal mengontrol cairan, mengirim sinyal saraf, dan meregulasi kontraksi otot.

Sekitar 98 persen kalium tersimpan di dalam sel tubuh kita, dari total jumlah tersebut 80 persen dapat ditemukan di sel otot, sedangkan 20 persen lainnya bisa ditemukan di tulang, organ hati, dan interniran darah bangkang. Momen masuk ke dalam tubuh, kalium akan bermain sebagai elektrolit.

Ada banyak keefektifan kalium yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Menurunkan tekanan darah dan menjaga kebugaran jantung

Tekanan pembawaan bisa meningkat dan membahayakan kesegaran jantung jika tubuh kekurangan kalium. Sebuah studi membuktikan, mereka nan mengonsumsi 4,069 miligram kalium setiap harinya mengalami penurunan risiko kematian akibat kelainan jantung iskemik sebanyak 49 persen.

  • Menjaga kesehatan lemak tulang dan otot

Mengonsumsi makanan berasam tinggi dipercaya dapat memicu asidosis. Kondisi ini dapat menyebabkan ekskresi nitrogen, hilangnya kepadatan mineral di privat lemak tulang, hingga mengecilnya otot.

Buat menghindarinya, Anda bisa menetapi kebutuhan kalium buletin biar kesehatan tulang dan otot terjaga. Mengonsumsi kalium secara rutin bahkan manjur secara ilmiah dapat meningkatkan kerapatan tulang.

  • Terdepan bikin sistem saraf

Sistem saraf memiliki tugas untuk menyampaikan wanti-wanti antara pemrakarsa dan bermacam-macam perangkat jasmani. Wanti-wanti ini disampaikan dalam rancangan impuls saraf bagi mengatur kontraksi otot, detak dalaman, refleks, dan kemustajaban tubuh lainnya.

Baca :   Ciri Ciri Masa Meramu Dan Berburu

Kalium membantu tubuh untuk dapat menjaga fungsi sistem saraf. Saat kesuntukan kalium, tubuh akan kesulitan menghasilkan impuls saraf.

Bagi memaksimalkan berbagai macam diversifikasi fungsi kalium di atas, setidaknya Anda harus mengonsumsi 4.700 miligram kalium per hari. Untuk mencukupi nilai kecukupan zat makanan (AKG) harian potasium Anda, cobalah cak bagi mengonsumsi beraneka ragam perut yang mengandung potasium, sebagaimana alpukat, melon, pisang, ketela pohon, tomat, hingga kedelai kedelai.

Apa itu kalsium?




Perbedaan kalium dan kalsium sangat penting untuk diketahui

Kalsium dapat ditemukan pada produk susu

Zat kapur adalah mineral terbanyak yang ada di dalam fisik manusia. Seputar 99 tip kalsium tersimpan di n domestik gigi dan tulang. Inilah alasan cak kenapa kalsium memiliki kepentingan yang habis penting kerjakan menjaga sumsum dan gigi kita.

Selain kesehatan benak, kalsium pun memiliki peran berjasa n domestik menjaga komunikasi antara otak dengan babak tubuh lainnya. Selain itu, mineral ini juga berperan dalam pergerakan otot dan fungsi kardiovaskuler (dalaman dan pembuluh darah).

Bakal mencerna perbedaannya dengan kalium, berikut adalah bilang khasiat kalsium untuk kesehatan tubu.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kalsium berperan penting bagi perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Pada anak-anak, kalsium boleh membantu perkembangan sumsum mereka. Momen beranjak dewasa, kalsium akan memelihara dan menjaga konsistensi benak.

Untuk melakukan tugasnya dalam menjaga kesegaran benak, kalsium membutuhkan sambung tangan vitamin D. Vitamin ini akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan kian baik.

  • Mengatak kontraksi otot

Zat kapur membantu raga mengatur kontraksi otot. Saat saraf merangsang otot, tubuh akan mengecualikan kalsium bikin membantu protein di n domestik otot sehingga otot dapat berkontraksi. Di sebelah lain, urat akan relaksasi saat bodi memompa kalsium keluar dari otot.

  • Menjaga sistem kardiovaskuler

Setiap otot di dalam fisik membutuhkan zat kapur untuk berkontraksi, tak terkecuali otot jantung. Otot dalaman tak bisa berkreasi dengan baik sonder adanya kalsium. Ditambah pun, kalsium pula lewat dibutuhkan badan cak bagi proses pemekatan darah.

Baca :   Penataan Tanaman Di Teras Rumah

Cak bagi pria berusia 19-70 hari, mereka membutuhkan 1.000 miligram kalsium per harinya. Sedangkan, mereka yang telah 71 tahun ke atas setidaknya harus mendapatkan 1.200 miligram kalsium per hari.

Untuk wanita 19-50 tahun, mereka membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari. Sementara wanita 51 tahun ke atas membutuhkan 1.200 miligram kalsium setiap harinya.

Kebutuhan zat kapur sehari-hari bisa dipenuhi lewat berbagai makanan, seperti produk olahan susu, sayuran berdaun hijau, hingga ikan sarden.

Kalau Ia khawatir dengan bilangan kalium dan kalsium di dalam awak, jangan ragu untuk bertanya dengan sinse di petisi kesehatan anak bini SehatQ secara percuma. Unduh di App Store maupun Google Play sekarang juga!

Apa Perbedaan Kalium Dan Kalsium

Source: https://www.sehatq.com/artikel/perbedaan-kalium-dan-kalsium-sama-sama-penting-tapi-beda-peran

Check Also

Cara Cangkok Bunga Mawar

Cara Cangkok Bunga Mawar 3 menit Ingin menanam anakan mawar dengan mudah? Gunakan saja teknik …